Opera Tari Swargaloka Mempersembahkan Pertunjukan Berjudul Ref (Using) Karya : Bathara Saverigadi Dewandoro

Opera Tari Swargaloka Mempersembahkan Pertunjukan Berjudul Ref (Using) Karya : Bathara Saverigadi Dewandoro

Tanggal : 21 Mei 2017

Lokasi : Gedung Wanita Kabupaten Banyuwangi

Yayasan Swargaloka didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan sebuah pertunjukan opera tari tradisi kontemporer berlatar belakang kesenian Gandrung Banyuwangi dengan judul “Ref (Using). Pertunjukan berlangsung pada tanggal 21 Mei 2017 di Gedung Wanita Kabupaten Banyuwangi.

Kepopuleran kesenian Gandrung Banyuwangi menjadikan kami para seniman yang tergabung dalam Yayasan Swargaloka Jakarta merasa terpanggil untuk turut serta mendalami sejarah, dinamika perkembangan dan problematika yang mewarnai kehidupan kesenian Gandrung Banyuwangi.

“Ref (Using)” mengandung arti penolakan yaitu penolakan untuk diremehkan sebagai penari yang tak punya harga diri (dilecehkan). Pertunjukan ini juga mengekpresikan kegelisahan keberlangsungan penari profesional Gandrung Banyuwangi apabila generasi muda dikemudian hari tidak ada yang bersedia berprofesi sebagai penari Gandrung.

Karya tari ini diciptakan oleh Bathara Saverigadi Dewandoro seorang seniman muda dari Swargaloka Jakarta yang telah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya Anugrah Kebudayaan katagori remaja berprestasi tingkat nasional tahun 2016. Ditarikan oleh para penari muda dari Swargaloka dan Padepokan Alang-Alang Kumitir Banyuwangi.

Informasi lebih lanjut mengenai pertunjukan ini, silahkan menghubungi panitia :
0852 1342 8145 / 0852 8156 6529