Pagelaran Drama Tari Musikal Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2"

Pagelaran Drama Tari Musikal Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2"

Tanggal : 24 Maret 2017 s/d
25 Maret 2017

Lokasi : Alun-alun Kesultanan Kanoman Cirebon

Yayasan Cahya Widi Kesultanan Kanoman Cirebon selalu berupaya untuk menghadirkan kegiatan seni budaya dengan nuansa artistik dan menarik bagi masyarakat. Pada tanggal 24-25 Maret 2017, Yayasan Cahya Widi Kesultanan Kanoman Cirebon didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan menampilkan sebuah pagelaran seni dengan tema yang segar, atraktif dan edukatif. Bertempat di area situs bersejarah di Kota Cirebon yaitu Area Siti Inggil Kesultanan Kanoman sebagai lokasi kegiatan utama dan di latar belakangi oleh bagunan bangunan bersejarah di Komplek Kesultanan Kanoman. Adapun tema yang di usung kali ini adalah Pagelaran Drama Tari Musikal Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2".

Pagelaran Drama Tari Musika Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2" merupakan sebuah jawaban atas upaya dan keinginan seniman seniman Cirebon baik Kota dan Kabupaten yang di motori Oleh Yayasan Cahya Widi dan sangat di dukung Oleh Kesultanan Kanoman Cirebon. Ciri khas maupun keunikan seni budaya Cirebon dirangkum menjadi sebuah ide besar dengan digarap secara professional dan dapat mewakili keinginan dari sebagian besar seniman Cirebon. Pagelaran ini akan menampilkan sebuah garapan dari para local Genius Cirebon, dari mulai Koreografer Tari, Penata Musik, Penari, Tim Manajemen Pertunjukkan.Pagelaran ini merupakan Gagasan dari Pageran Raja Moch. Qodiran yang merupakan Pangeran Patih Kesultanan kanoman Cirebon sekaligus Ketua Yayasan Cahya Widi, Beliau aktif di kegiatan Seni dan Budaya Cirebon dan sangat peduli terhadap perkembangan kesenian di Cirebon dan sekitarnya.

Pagelaran Drama Tari Musika Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2" merupakan pagelaran yang berbeda dari pagelaran pagelaran yang sudah di adakan di Cirebon, tidak saja hanya mengusung Seni Tradisi, di Pagelaran Seni "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2" kali ini akan mengkolaborasikan seni musik tradisional dengan modern sehingga akan di harapkan akan memberikan satu nuansa baru dalam pertunjukkan seni dan dapat menarik minat Masyarakat khususnya para remaja, dalam pagelaran ini pun akan di tampilkan juga Gong Renteng yang merupakan pertunjukkan "bebuka" menandai kegiatan akan dimulai dan beberapa tarian garapan sebagai pertunjukkan awal Seniman-seniman yang terlibat dalam penggarapan Pagelaran Seni ini merupakan para Local Genius pada bidangnya masing-masing.
 
Kegiatan Seni Budaya yang diadakan oleh Yayasan Cahya Widi Kesultanan Kanoman dan Pihak Kesultanan Kanoman sendiri diharapkan menjadi salah satu pagelaran tahunan yang diadakan di Cirebon dan juga diharapkan akan menjadi salah satu event favorit bagi masyarakat Cirebon. Kegiatan-kegiatan yang akan diadakan dimasa yang akan datang juga akan menjadi tempat para local Genius untuk menunjukkan kreatifitasnya dalam hal Seni pertunjukkan. Dan di harapkan kegiatan kegiatan seni budaya ini juga akan dapat memfasilitasi bukan saja hanya Seni Pertunjukkan Saja, tetapi juga seni- seni lainnya. Kegiatan Seni Budaya Yayasan Cahya Widi akan digarap dengan "Kemasan" yang berbeda setiap tahunnya, sehingga akan menciptakan satu kerinduan tersendiri bagi Masyarakat.

Kegiatan Seni Budaya Yayasan Cahya Widi juga diharapkan akan dapat menberikan kemanfaatan secara psikologis, yaitu sebagai ruang berekspresi, ber-eksplorasi dan berbagai hal lainnya dalam hal Seni dan Budaya.

KONTAK DAN INFORMASI
Sekertariat Pagelaran Drama Tari Musika Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban 2"

Yayasan Cahya Widi
Komplek Kesultanan Kanoman Cirebon
Lemahwungkuk, Cirebon
Telp. : 0813-2091-1166