Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pameran Arsip 'Ruang Waktu Bagong Kussudiardja'

Pameran Arsip 'Ruang Waktu Bagong Kussudiardja'

Tanggal : 29 September 2018 s/d
3 November 2018

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Pameran arsip bertajuk “Ruang Waktu Bagong Kussudiardja” yang didukung keluarga besar/pewaris Bagong Kussudiardja dan Bakti Budaya Djarum Foundation, merupakan kegiatan ke-3 untuk menandai berbagai pencapaian seorang maestro kesenian dan kebudayaan Indonesia, Bagong Kussudiardja (1928-2004) dalam perayaan ulang tahun Bagong Kussudiarja (ke-90th), Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiarja (ke-60th), dan Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (ke-40th). Sepanjang 2018, PSBK menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk memperingati dan memahami berbagai kiprah, pencapaian, dan kontribusi alm. Bagong Kussudiardja pada perjalanan sejarah seni dan budaya Indonesia modern.

Ruang, waktu, dan peristiwa menjelaskan satu adagium sederhana: “setiap orang ada zamannya, setiap zaman ada orangnya”. Bagong Kussudiardja (1928-2004), salah satu dari sedikit orang yang mampu memerankan diri dengan baik di tengah zaman bergerak yang demikian cepat ini. Perjalanan hidup dan kehidupannya, sejak belajar menari di nDalem Mangkubumen, belajar melukis di sanggar dan pendidikan formal di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), mengkoreografi sejumlah pertunjukan tari, berkelana di Asia, Amerika, dan Eropa, melukis, menulis, dan lainnya, adalah perjalanan yang mengisi setiap titik ruang dan waktu. Ruang waktu bagi Bagong Kussudihardja adalah deretan peristiwa yang menguatkan sosoknya, meneguhkan eksistensinya, dan menebar virus kreativitas pada orang banyak.

Di tengah buruknya kesadaran pengetahuan dan kerja mendokumentasi, Bagong Kussudiardja menyimpan sejumlah “dokumen” dalam berbagai bentuknya: surat-surat kerjasama, surat keputusan, surat undangan, foto-foto perjalanan atau peristiwa kesenian, foto pertemuannya dengan para tokoh dunia, catatan seminar, pola lantai karya koreografinya, dan sejumlah artikel/naskah untuk pertunjukan, untuk media cetak, maupun untuk buku. Kesadaran Bagong untuk menyimpan dokumentasi ini potensial untuk digunakan sebagai data awal penelitian. Bentangan arsip ini menunjukkan posisi Bagong Kussudiardja dalam situasi: dilihat – melihat; dibaca – membaca; ditulis – menulis; dan difoto/direkam – memfoto/merekam.
•    Pembukaan pameran: Sabtu, 29 September 2018, pukul 19.00 WIB (dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Muhadjir Effendy)
•    Pameran:  29 September s/d 3 November 2018
di ruang galeri lantai 1 & 2 di gedung Damarwulan (atau permintaan ke 082141416252)
•    Side Event Pameran
1.    Anjangsana: untuk pelajar dengan reservasi pada 5 Oktober 2018
2.    Public Lecture: Melihat Bagong Kussudiardja lewat arsip pada 27 Oktober 2018 (informasi lebih lengkap melalui akun media sosial PSBK)

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art centre, PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran.

Perayaan 90/60/40th BAGONG KUSSUDIARDJA
Tahun 2018 menandai berbagai pencapaian seorang maestro kesenian dan kebudayaan Indonesia, Bagong Kussudiardja (1928-2004) dalam perayaan ulang tahun Bagong Kussudiarja (ke-90th), Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiarja (ke-60th), dan Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (ke-40th).  Sepanjang tahun 2018, PSBK menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk memperingati dan memahami berbagai kiprah, pencapaian, dan kontribusi alm. Bagong Kussudiardja pada perjalanan sejarah seni dan budaya Indonesia modern.

Informasi lebih lanjut silakan menghubungi:

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id  / media@psbk.or.id   
Web: www.psbk.or.id
Whatsapp: +62-821-4141-6252
FB: padepokansenibagongkussudiardja
Twitter & Instagram: @psbk_jogja