Pameran Tunggal Seni Rupa Drs. Suyadi (Pak Raden) Tahun 2012

Pameran Tunggal Seni Rupa Drs. Suyadi (Pak Raden) Tahun 2012

Tanggal : 13 Juli 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Art Cinema Fakultas Film Dan Televisi Institut Kesenian Jakarta

Drs. Suyadi alias Pak Raden menggelar pameran tunggal seni lukisnya di Institut Kesenian Jakarta, 13-20 Juli 2012. Pameran bertajuk "Panggung Kanvas: Pameran Seni Rupa Drs. Suyadi" ini bakal memamerkan 23 lukisan dan sekitar 18 drawing serta sketsa. Semuanya menggambarkan kehidupan seni pertunjukan rakyat.

Pameran yang digagas Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta ini bertujuan menampilkan sosok Drs. Suyadi sebagai salah satu tokoh seni rupa Indonesia. Pasalnya, selama ini karya Drs. Suyadi belum banyak diketahui khalayak umum, baik dalam bentuk lukisan, drawing, maupun sketsa.

Kehidupan seni tradisi dan panggung bukanlah dunia yang asing bagi Drs. Suyadi. Dia pernah menjadi dalang (baik dalam bahasa Jawa maupun Prancis), belajar karawitan, bahkan juga pernah menjadi penari selama di Paris (1961-1963), kreator film boneka Si Unyil, serta sebagai pendongeng yang memiliki gaya  khas dengan boneka dan menggambar. Semua proses kreatif bertahun lamanya ia rekam ke dalam belasan karya lukisan, drawing, dan sketsa yang sebagiannya dipamerkan kali ini.

Pembukaan Pameran Seni Rupa Drs. Suyadi (Pak Raden) diselenggarakan pada tanggal, tanggal 13 Juli 2012, pukul 14.00 WIB di Gedung Syuman/Galeri Art Cinema FFTV-IKJ. Dalam pameran ini, juga diadakan serangkaian kegiatan antara lain : Workshop pembuatan Boneka, Dongeng, Pemutaran Film “Timun Mas”, serta Pemutaran Film serial “Si Unyil”.