Pementasan Berjudul "MELANKOLIA" oleh Teater Kedai

Pementasan Berjudul "MELANKOLIA" oleh Teater Kedai

Tanggal : 28 April 2018

Lokasi : Teater Salihara, Jl. Salihara 16, Pasar Minggu Jakarta Selatan

Teater Kedai mementaskan satu pertunjukan terbarunya berjudul Melankolia pada 28 April 2018 di Teater Blackbox Salihara. Pementasan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini merupakan undangan khusus dari Komunitas Salihara kepada Teater Kedai yang awal mulanya terbentuk dari alumni Kelas Akting Salihara.

Perkembangan Teater Kedai yang cukup pesat selama dua tahun pertamanya berkiprah di panggung seni Indonesia mendorong Komunitas Salihara untuk mengundang kelompok ini pulang ke Salihara dan menampilkan produksi terbaru mereka di Teater Blackbox Salihara untuk pertama kalinya.
 
Pertunjukan Melankolia ini bisa dibilang karya utuh Teater Kedai karena merupakan adaptasi dari buku kumpulan cerpen karya salah seorang anggota Teater Kedai, yaitu Angelina Enny yang berjudul “Nokturnal Melankolia”. Lalu naskah adaptasi dan penyutradaraan juga ditulis dan dilakukan sendiri oleh anggota Teater Kedai.

Lakon dalam “Melankolia” sedianya adalah tiga cerita pendek yang sebelumnya telah ditampilkan sebagai tiga monolog terpisah di GIK (Galeri Indonesia Kaya) dalam pertunjukan “Melakoni Nokturnal Melankolia”. Pertunjukan tersebut mendapat sambutan positif dari para penonton baik yang menonton secara langsung di GIK, maupun yang menonton rekamannya di kanal youtube. Namun pada pertunjukan kali ini ketiga cerita tersebut dijahit dan dilebur menjadi satu lakon dalam satu panggung.

Lakon ini mengisahkan tentang tiga perempuan bernama Sri, Angel, dan Barbie yang memiliki kenangan pahit tentang kisah cintanya. Pengalaman mereka yang sama-sama hanya menjadi pilihan dalam suatu hubungan akhirnya berujung pada kecemasan tentang nilai mereka sebagai seorang perempuan.

Melankolia disutradarai oleh Anggiyandra dan dimainkan oleh Fitria Sari yang berperan sebagai Sri, Sita Nursanti sebagai Bayangan Sri, Angelina Enny sebagai Barbie, dan Anggiyandra sebagai Angel. Dengan durasi sekitar 60 menit dan dimainkan secara kanonik, pementasan ini menghadirkan konflik yang intens dan sangat menarik untuk disaksikan.

Tentang Teater Kedai

Teater Kedai adalah sebuah kelompok teater dari Jakarta yang tidak semua anggotanya menekuni teater dalam keseharian. Bermula dari pertemuan di Kelas Akting Salihara pada 2015, sekelompok orang dengan berbagai latar belakang profesi yang unik, menemukan kecocokan dan semangat yang sama dalam seni peran. Maka pada tahun 2016, terbentuklah Teater Kedai. Teater Kedai memilih bentuk kolektif yang memungkinkan para anggotanya dapat bertindak sebagai aktor, sutradara, penulis lakon, atau penata dan pelaksana produksi secara bergantian. Masing-masing anggota Teater Kedai memiliki kesempatan yang sama untuk terlibat pada setiap produksinya. Kehadiran Teater Kedai di atas panggung menjadi bukti bahwa teater adalah milik publik.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :

http://www.salihara.org/programs/theater/melankolia