Pementasan Kethoprak Conthong Yogyakarta Berjudul Raja Sedina

Pementasan Kethoprak Conthong Yogyakarta Berjudul Raja Sedina

Tanggal : 29 Juni 2017 s/d
30 Juni 2017

Lokasi : Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

Sepenggal sejarah yang ditemukan ditanah JAWA dan sangat menarik untuk diketahui khalayak, dimana dalam satu perjalan Kerajaan Mataram pernah terjadi satu masa dimana diangkatnya sosok Raja yang hanya menduduki tahtanya dalam satu hari saja. Peristiwa ini tidak banyak diketahui masyarakat umum dan bahkan sangat dimungkinkan masyarakat Yogyakarta sendiri juga belum mengetahui peristiwa ini.

Apakah sebenarnya yang menyebabkan peristiwa itu terjadi dan siapakah Raja tersebut? Apakah Sinuwun Hanyakrawati? RM Wuryah? Atau RM Rangsang yang dikenal dengan sebutan Sultan Agung?

Sinuwun Hanyakrawati pernah berjanji, bila ia diangkat sebagai raja, maka penerusnya adalah anak dari isteri pertamanya. Ternyata isteri pertama tidak kunjung dikarunia putra. Anak laki laki tertua justru lahir dari isteri keduanya yang diberi nama RM Rangsang. Selang 12 tahun barulah isteri pertama melahirkan seorang putra yang diberi nama RM Wuryah. Sayang ia menderita tuli karena di racun orang.

Mengingat kelemahan RM Wuryah yang tuli itu, Sinuwun Hanyakrawati berubah sikap. Ia berharap agar RM Rangsang yang menggantikan kedudukannya. Sebelum keinginan itu menjadi keputusan, Sinuwun Hanyakrawati meninggal mendadak sehingga memunculkan kekacauan di kraton. Bagaimanakan kisah selanjutnya?

Saksikan RAJA SEDINA persembahan dari Kethoprak Conthong Yogyakarta bersama Bakti Budaya Djarum Foundation di Gedung Concerthall Taman Budaya Yogyakarta, tanggal 29 dan 30 Juni 2017, pukul 20.00 WIB.

Informasi pertunjukan silahkan menghubungi :
Tedjo Badut : +62817 460 778 atau 0878 4560 0148