Pentas Wayang Tavip Berjudul Beringin Setan

Pentas Wayang Tavip Berjudul Beringin Setan

Tanggal : 22 Agustus 2018

Lokasi : Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat

Wayang Tavip Dalang Budi Ros akan pentas keliling dengan jadwal sebagai berikut :

-    11 Agustus 2018, Balai Latihan Kesenian Jakarta Selatan , Jl. Asem Baris Raya No. 100, Kebon Baru, Tebet.
-    17 Agustus 2018, Taman Kaldera (Markas Komunitas Wayang Potehi) Jl. Jatijajar No. 1, Kecamatan Tapos. Depok, Jawa Barat.
-    18 Agustus 2018, Balai Latihan Kesenian Jakarta Timur, Jl. Haji Naman no. 17, Pondok Kelapa, Duren Sawit.
-    19 Agustus 2018, Joglo Nusantara Setu Pengasinan, Jl. Utomo No. 41, Pengasinan, Sawangan Depok, Jawa Barat.
-    22 Agustus 2018, Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat., Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat.


Lakon ini berkisah tentang desa bernama Kutowaringin tapi lebih dikenal luas sebagai Kampung Beringin. Gara-garanya, di gerbang desa itu tumbuh pohon beringin yang sangat indah, besar dan rindang. Atas kenyataan itu, Pak Kades kurang senang. Terlebih lagi, ketika setan penghuni pohon beringin itu merasuki Agnes Winarni, putri Pak Kades. Atas nasehat seorang Dukun, Pak Kades mengambil tindakan cepat. Menebang  pohon beringin. Mengingat manfaat pohon tua itu, warga sangat kecewa, tapi apa daya. Beberapa hari setelah itu, desa tenang seperti biasa. Niat Pak Kades mengusir setan dengan menebang bohon beringin agaknya tercapai. Ternyata tidak. Dua minggu kemudian, terjadi kesurupan masal. Para setan kembali dan marah. Kampung Beringin pun geger.

Dukun didampingi Pak Kades sibuk keliling desa dan dengan susah payah membebaskan warga yang kesurupan. Upacara persembahan sesaji juga digelar. Semua berharap, setan melunak dan tidak mengganggu. Tapi setan tetap menuntut supaya pohon beringin dikembalikan ke tempat semula. Hal yang jelas tidak mungkin. Negosiasi berjalan alot. Kesepakatan akhirnya tercapai. Setan tidak akan mengganggu, asalkan pohon beringin baru harus ditanam di depan rumah setiap warga. Dengan berat hati, warga mengalah. Tapi dalam hati terus bertanya-tanya: Apakah janji setan bisa dipegang? Siapakah sesungguhnya penguasa Kampung Beringin, Pak Kades? Pak Dukun? Atau Setan?

Lakon ini merupakan karya Budi Ros, dengan dibantu asisten dalang Sir Ilham Jambak, Yesa Andika, Tony G. Achmad, juga Logo Situmorang yang sekaligus menata grafis bersama Sekar Dewantari.

M Tavip, penemu Wayang Tavip, juga akan hadir memberi workshop membuat wayang. Ia pula yang membuat tokoh-tokoh  wayang Beringin Setan dibantu Riky Oet.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia : 0813 1134 6661