Pertunjukan Abhati 2015

Pertunjukan Abhati 2015

Tanggal : 1 Juli 2015

Lokasi : Pelataran Candi Ratu Boko Yogyakarta

Abhati, sebuah kisah cinta sejati yang abadi, menjadi tema pergelaran tari dan musik yang diselenggarakan di Pelataran Candi Ratu Boko pada tanggal 1 Juli 2015. Abhati 2015 merupakan wujud pelestarian budaya Indonesia dan upaya untuk mengenalkan khasanah kekayaan cerita-cerita berlatar belakang sejarah di Nusantara, kepada masyarakat luas.

Perhelatan Abhati tersebut didukung oleh seniman-seniman ternama, antara lain : Rama Soeprapto (Sutradara), Wasi Bantolo (Koreografer), Rahayu Supanggah (Komposer), Era Soekamto dan Julius Bramanto selaku Produser dan Penulis Naskah.

Kisah cinta dengan latar abad ke-9 di puncak keemasan zaman klasik Nusantara, antara Dinasti Besar Wangsa Syailendra dan Wangsa Sanjaya. Persatuan Rakai Pikatan dan Pramodhawardhani yang mampu mengesampingkan perseteruan serta perbedaan yang terjadi saat itu. Kisah cinta diantara keduanya yang telah menginspirasi dibangunnya candi-candi yang hingga kini menjadi mahakarya di Indonesia.

Pergelaran Abhati bertujan untuk lebih menggali potensi-potensi cerita dengan latar belakang sejarah serta budaya di Indonesia, Kemudian kisah cinta Rakai Pikatan dengan Pramodhawardhani tersebut mampu menginspirasi publik bahwa rasa cinta antar sesama manusia harus tetap terjaga dan terjalin erat, demi persatuan bangsa tercinta.

Pertunjukan Abhati yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini didahului dengan doa bersama oleh perwakilan lima agama di Indonesia disertai upacara Sasaji Napastya yang pernah dilakukan di Abad ke-9 sehingga membuat suasana menjadi syahdu.