Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pertunjukan Berjudul "Kanya", Jagongan Wagen Edisi Juni 2019

Pertunjukan Berjudul "Kanya", Jagongan Wagen Edisi Juni 2019

Tanggal : 29 Juni 2019

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen edisi Juni 2019 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation  menampilkan sebuah pertunjukan tari oleh Ela Mutiara, koreografer penerima Hibah Seni PSBK 2019. Melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan di PSBK, karya tari yang berjudul “Kanya” akan dipersembahkan secara perdana pada Sabtu, 29 Juni 2019, pukul 19.30 – 21.00 WIB, bertempat di Panggung Diponegoro kompleks, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

“Perempuan tidak akan jauh dari sumur, dapur, dan kasur.”

Kutipan di atas merupakan sebuah konstruksi pandangan masyarakat atas kaum perempuan.  Salah satu contohnya, perempuan remaja akan dihadapkan pada pilihan utama yaitu bekerja atau menikah, selain itu bukan menjadi prioritas utama. Tekanan sosial semacam ini menjadi faktor maraknya pernikahan dini, kaum perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi apalagi memilih untuk berkarir.

Kanya dalam bahasa Sansekerta memiliki arti anak perempuan. Penata tari ingin berbagi alasan atas pilihan perempuan terhadap dirinya sebagai individu yang mandiri. Melalui karya ini pilihan untuk menikah dan bekerja lahir atas dasar kesadaran, setara dengan pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di satu sisi, alih-alih memaknai konstruksi pandangan masyarakat terhadap kaum perempuan sebagai tekanan, karya ini turut mengajak masyarakat untuk menginterpretasikan ulang persepsi ruang ‘sumur, dapur dan kasur‘  sebagai ruang penting dan berpengaruh dalam struktur sosial.

Jagongan Wagen (JW) adalah ruang bagi masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama menjalankan proses belajar kreatif, kolaboratif, eksploratif dan edukatif melalui praktik penciptaan dan pementasan pertunjukan di PSBK. PSBK memfasilitasi dan mengkurasi kegiatan yang berlangsung setiap bulan ini, kecuali awal tahun dan bulan puasa. 

Hibah Seni PSBK adalah fasilitasi seniman Indonesia untuk mempresentasikan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform Jagongan Wagen. Fasilitasi meliputi dukungan kuratorial, produksi, dan dokumentasi sebagai upaya membagi gagasan karya kepada publik.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) 
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art centre dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: media@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
Facebook: psbkjogja
Twitter & Instagram: @psbk_jogja
Youtube: media psbk