Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pertunjukan Berjudul Puti Bungsu di Festival Nan Jombang

Pertunjukan Berjudul Puti Bungsu di Festival Nan Jombang

Tanggal : 14 Juni 2019

Lokasi : Ladang Tari Nan Jombang, Sanggar Rimbo Tarok Belakang Perumahan POLDA Balai Baru Padang, Sumatera Barat

Penyelenggaraan Festival Nan Jombang telah mencapai pertengahan tahun pada Juni ini. Segenap usaha dan kerja keras serta ketulusan hati dicurahkan untuk menghadirkan dan menyuguhkan berbagai tampilan kesenian tradisi Minang yang ada di Sumatera Barat pun kesenian tradisi yang ada di Indonesia. Semua kerja keras dari komunitas Galombang Minangkabau di bawah payung Nan Jombang Grup merupakan bentuk dari dedikasi tanpa batas terhadap perkembangan kesenian serta apresiasi terhadap kesenian tradisi khususnya sebagai dasar berpijak setiap seniman.
 
Pada bulan keenam penyelenggaraan Festival Nan Jombang, komunitas Galombang Minangkabau kembali memberikan suasana baru bagi penonton. Kali ini akan menampilkan pertunjukan dari Grup Parewa Limo Suko. Pada pertunjukan kali ini Parewa Limo Suku akan menampilkan pertunjukan yang tentu saja berakar tradisi Minangkabau. Judul pertunjukan yang akan dibawakan pada Festival Nan Jombang tgl 3 oleh parewa Limo Suku yakni Puti Bungsu.

Menurut Irmun Krisman pimpinan parewa Limo Suku, Puti Bungsu merupakan sebuah karya pertunjukan yang dikemas dalam bentuk kolaborasi unsur drama, tari, dan musik tradisional yang disuguhkan dengan konsep kekinian. Pertunjukan Puti Bungsu mengandung pesan tentang kekuatan atau aturan adat di Minangkabau yang masih kental dan masih diterapkan sampai sekarang.

Puti Bungsu adalah adik dari tujuh bidadari bersaudara, yang mana Puti Bungsu dipaksa untuk turun ke bumi oleh Kakak-kakaknya untuk pergi mandi di Telaga Puti. Ketika mereka sedang asik mandi, muncullah Malin Deman mencuri salah satu selendang tujuh Puti tersebut. Ternyata selendang yang diambil adalah selendang Puti Bungsu, maka tinggallah Puti Bungsu di bumi. Dia sangat sedih, lalu datang Malin Deman yang menawarkan kebaikan untuk mengajak Puti Bungsu pulang ke rumahnya yang sejak awal jatuh hati dan berniat mempersunting Puti Bungsu. Keberadaan Puti Bungsu dipertanyakan oleh masyarakat, karna asal usul yang tak jelas. Puti Bungsu pun mengikuti aturan adat yang berlaku di masyarakat Minangkabau. Dia pun dinikahi oleh Malin Deman dan masyarakat pun menerima.

Pertunjukan tersebut nantinya dapat kita saksikan dan nikmati pada Festival Nan Jombang tgl 3, yang khusus bulan ini akan di adakan pada tanggal 14 Juni 2019. Pertunjukan dari parewa Limo suku ini akan didukung oleh 15 orang pemain.

Festival Naan Jombang tgl 3, seperti pada penyelenggaraan- penyelenggaraan sebelumnya dapat disaksikan di Ladang Tari Nan Jombang Balai Baru Padang. Festival Nan Jombang Tgl 3 merupakan program tahunan Nan Jombang Grup. Tahun ini untuk kesekian kalinya Bakti  Budaya Djarum Foundation kembali mendukung kegiatan Festival Nan Jombang Tgl 3. 

Info lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :

Angga Djamar : 0812 6616 716
www.nanjombangdance.id