Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pertunjukan Grup Seni dan Budaya Tak Kondai di Festival Nan Jombang

Pertunjukan Grup Seni dan Budaya Tak Kondai di Festival Nan Jombang

Tanggal : 3 Desember 2019

Lokasi : Ladang Tari Nan Jombang, Sanggar Rimbo Tarok Belakang Perumahan POLDA Balai Baru Padang, Sumatera Barat

Setelah perjalanan panjang penyelenggaraan festival di tahun 2019 dan banyak kesuksesan penyelenggaraan kegiatan tahunan Nan Jombang Grup yang diselenggarakan secara konsisten, tgl 3 Desember nanti Festival Nan Jombang tgl 3 menjadi penutup acara tahun ini. Festival Nan Jombang tgl 3, KABA Festival, dan Kato Babega menjadi program rutin yang diselenggarakan dengan penuh totalitas Nan Jombang Grup.

Sebagai pertunjukan penutup Festival Nan Jombang tgl 3 memboyong kesenian tradisi dari Solok Selatan. Grup Seni dan Budaya Tak Kondai mewakili daerah Solok Selatan untuk tampil pada bulan Desember ini. Pada pertunjukannya Grup Seni dan Budaya Tak Kondai akan membawakan 5 nomor pertunjukan pada Festival nanti. Menurut penuturan ibu Herlina Syarif (74 tahun) sebagai pimpinan grup Seni dan Budaya Tak Kondai, para penari dari grup kesenian ini merupakan orang-orang tua yang telah lanjut usia. Menurut beliau kegigihan hati para orang tua didaerah tersebut untuk tetap mempertahankan kesenian tradisi daerah hingga sekarang. Namun, keinginan generasi muda sangat kurang untuk dalam hal mempelajari dan mengenali tradisi dan budaya. Grup Seni dan Budaya Tak Kondai berdiri pada tahun 2007 dengan niat dan tekad menggali, membina, dan mengembangkan seni budaya daerah.

Diantara kesenian yang kolaborasi musik tradisi Gonton-gontong (sejenis Canang) dengan Talempong. Pada pertunjukannya kesenian tersebut merupakan pertunjukan musik tradisi dari daerah tersebut. Pertunjukan selanjutnya yang akan ditampilkan yakni Tari Uraklah Simpua yang dikenal pada zaman sekarang dengan tari Pasambahan untuk menanti tamu. Selain Tari Uraklah Simpua Grup Seni dan Budaya Tak Kondai juga menampilkan Prosesi membawa turun mandi anak. Pertunjukan tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana prosesi anak turun mandi di daerah Solok Selatan tersebut. Selanjutnya pertunjukan yg ditampilkan yakni Tari balimau Bakasai dan tari Iciak-iciak turun kasawah. Pada pertunjukan kali ini grup Seni dan Budaya Tak Kondai membawa 6 orang penari dan 7 orang pemusik dengan durasi 1 jam pertunjukan.

Festival Nan Jombang tgl 3 merupakan program tahunan Nan Jombang Grup. Tahun 2019 ini Festival Nan Jombang tgl 3 didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Untuk dapat menyaksikan dan menikmati keseruan dari pertunjukan Grup Seni dan Budaya Tak Kondai datang dan saksikan di Ladang Tari Nan Jombang, Belakang Komplek Perumahan Polda Balai Baru Padang  tanggal 3 Desember 2019 pukul 20.00 WIB.

Info lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :

Angga Djamar : 0812 6616 716

www.nanjombangdance.id