Pertunjukan Tari Kontemporer VOYAGE OF IE

Pertunjukan Tari Kontemporer VOYAGE OF IE

Tanggal : 14 Juni 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Taman Budaya Jawa Tengah

Independent Expression Dance Company didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan menyelenggarakan workshop tari “Aksara Tubuh” pada tanggal 14-15 Juni 2014 di Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah, setelah itu dilanjutkan pertunjukan tari kontemporer mengangkat tema “VOYAGE OF IE” pada tanggal 16 Juni 2014 di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Jl. Ir Sutami Surakarta. Dalam pertunjukan tari kontemporer tersebut akan menampilkan dua karya yaitu tari Gongseng Bridge dan Tari Taling Tarung.

Tari Gongseng Bridge karya Sandhidea Cahyo Narpati, merupakan karya tari kontemporer tunggal yang idenya berasal dari sebuah alat atau property tari yang banyak digunakan pada tari tradisi jawa timuran yaitu gongseng. Gongseng adalah properti tari berbentuk seperti gelang kaki kanan dimana terdapat semacam lonceng kecil berbentuk bulat sebanyak kurang lebih 20 sampai 30 buah di setiap gelangnya.

Gongseng berfungsi untuk mengatur dan mengikuti tempo pada iringan musik sesuai dengan gerak tari yang dilakukan. Penggunaanya adalah dengan menghentakkan tumit maupun gejug kaki kanan sehingga dapat menghasilkan suara ”cring cring”. Peranan penting gongseng akan berjalan sesuai fungsinya ketika pelaku gongseng (penari) mampu menjalankan, mengontrol dan menyesuaikannya dengan baik.

Tarian kedua adalah tari Taling Tarung karya Boby Ari Setiawan S.Sn. Dalam aksara Jawa Sandangan  “taling tarung” dipakai untuk melambangkan bunyi vokal O yang tidak dituliskan dengan aksara swara di dalam suatu suku kata. Taling tarung kemudian menjadi ide koreografi dan menjadi pilihan judul.

Dengan melakukan eksplorasi gerak berdasarkan metode Aksara Tubuh yaitu mengembangkan pola gerak tradisi jawa melalui tulisan aksara jawa karya Taling Tarung mencoba mengembangkan ide koreografi dengan menginterpertasi beberapa istilah yang terdapat pada penjelasan tentang taling tarung dalam aksara jawa.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini silahkan menghubungi panitia :
Gambuh : 0856 2500 925 dan Ayu : 0857 2552 3573