Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pertunjukan Tari "Ngesses", Jagongan Wagen Edisi Maret 2019

Pertunjukan Tari "Ngesses", Jagongan Wagen Edisi Maret 2019

Tanggal : 30 Maret 2019

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) bersama Bakti Budaya Djarum Foundation meneruskan investasi panjang dalam dukungan fasilitasi ruang presentasi karya seniman muda melalui program Jagongan Wagen. Kali ini akan menghadirkan pertunjukan tari berjudul “Ngesses” pada tanggal 30 Maret 2019, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Setiap tempat di bumi ini memiliki cara menciptakan bahasanya masing-masing. Jawa selain dikenal dengan kekayaan bahasa dan sistem stratifikasinya, juga mempunyai keunikan bagaimana masyarakat mengistilahkan suatu peristiwa ke dalam kata yang dibuat dari sumber bunyi. Seiring dengan perkembangannya, bahasa Jawa juga mengalami pergeseran makna kata akibat dari perilaku manusianya.

Kali ini PLTBK akan membagikan perjumpaan mereka tentang makna ngeses dengan mengurainya menjadi penggalan kata nges dan ses. Dalam karya NGESSES ini, nges yang berarti ngreseppake, nrenyuhake (menyentuh hati) menjadi tema besar dipadukan dengan berbagai makna konotasi ses yang mereka jumpai sehari-hari.
Seniman yang mewujudkan gagasannya dalam Jagongan Wagen Edisi Maret 2019 adalah:
Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja
Penari: 

1. Putra Jalu Pamungkas, S.Sn
2. Dwi Cahyono, S.Sn
3. Wisnu Darmawan, S.Sn
4. Gitya Bima Sanjaya
5. Hanif Joaniko Putra
6. Okky Bagas Saputro
7. Mukhlis
8. Hermawan Sinung Nugroho, S.Pd
Manajer Produksi Karya PLTBK: Pulung Jati Rangga Murti, S.Sn
Penata Musik: Sudar
Penata Busana: Anang Wahyu Nugroho, S.Sn

Profil Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja
Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja (PLTBK) didirikan oleh Bagong Kussudiardja pada tahun 1958 di kota Yogyakarta dan telah melahirkan banyak pekerja seni tari yang menyebar ke seluruh Indonesia dan mancanegara.  PLTBK telah memproduksi berbagai karya tari dan berkolaborasi dengan berbagai media.  Secara aktif PLTBK juga turut berpartisipasi pada kegiatan seni dan budaya baik di tingkat nasional maupun internasional. Email: pltbagong@gmail.com 

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) 
 
Melanjutkan spirit maestro seni Indonesia Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.
 
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
Facebook: psbkjogja 
Twitter & Instagram: @psbk_jogja
Youtube: media psbk