Pertunjukan Wayang Kulit Kebangsaan "Bima Maneges"

Pertunjukan Wayang Kulit Kebangsaan "Bima Maneges"

Tanggal : 7 Januari 2017

Lokasi : Halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Kudus

Sudah menjadi tradisi Kerukunan Sutresna Wayang Indonesia (Kresna Wangi) Kabupaten Kudus setiap pergantian tahun memberikan hiburan segar kepada masyarakat berupa pagelaran Wayang Kulit dengan tema yang disesuaikan dengan situasi kondisi pada saat itu. Dari kebiasaan menyuguhkan pagelaran gratis dan juga sedikit jamuan hidangan untuk para penonton yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat inilah akhirnya masyarakat benar-benar mengenal Kresna Wangi sebagai organisasi seni budaya yang eksis dalam "ndhudhuk, ndhudah dan ngrembakake (menggali, mengurai dan mengembangkan) serta melestarikan seni tradisional Wayang Kulit.

Dalam setiap pagelaran tentu Kresna Wangi tidak sekedar ampyak awur-awur atau latah asal-asalan. Tentu ada tema dan pesan yang disampaikan yang setiap waktu selalu disesuaikan dengan situasi kondisi di masyarakat dengan harapan bisa ikut-ikut menciptakan iklim sejuk, semangat persatuan dan kesatuan untuk mengajak masyarakat untuk guyub rukun semangat membangun dan optimis menapak tahun baru yang akan datang.

Dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation, kali ini Kresna Wangi mempergelarkan Wayang Kulit yang bertempat di halaman Gedung DPRD Kabupaten Kudus dengan menyajikan Lakon "Bima Maneges". Bima Maneges adalah wujud laku dan sikap keprihatinan seorang satria (Bima ) atas situasi negara dan masyarakat yang dalam suasana tidak karuan. Semua sektor kehidupan sedang dalam keadaan yang tidak menentu, bahkan kacau. Angkara murka merajalela, rakyat tidak tenang. Berkat laku tersebut akhirnya sang Bima mendapatkan wahyu yang disebut "Wahyu Cempaka Mulya", yang nantinya akan berdaya guna dalam membangun, memulihkan keadaan menuju masyarakat yang tata tentrem, karta raharja.

Adapun para seniman yang tampil adalah lintas generasi, dalang, pasindhen niyaga, terdiri dari seniman senior membina dan menuntun, mendampingi yang yunior dengan maksud inilah pengkaderan, pelestarian .  Pertunjukan wayang kulit ini menampilkan Dalang, waraghana pengramit senior dan yunior, serta lawak yang kocak untuk menghibur masyarakat.

Pertunjukan Wayang Kulit Kebangsaan "Bima Maneges" digelar pada hari Sabtu, 7 Januari 2017 malam mulai pukul 20.00 WIB sampai selesai di halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Kudus.

Info lebih lanjut :
Kerukunan Sutresna Wayang Indonesia
KRESNA WANGI KABUPATEN KUDUS
Jl. Jalur Lingkar Timur KM  1
Ngembal Kulon Kudus
Telp.  0291 – 436290. HP. 081 325 693 958