Pesona Batik Kudus Tahun 2011

Pesona Batik Kudus Tahun 2011

Tanggal : 1 April 2011 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Batik adalah karya budaya yang mewakili identitas Indonesia di mata dunia. Dalam selembar kain batik, terpapar identitas budaya dan sejarah sebuah daerah atau kota. Ada ribuan jenis dan motif batik yang lahir dan berkembang di banyak daerah di Indonesia. Salah satunya adalah batik Kudus.

Kota Kudus selama ini dikenal sebagai kota industri rokok kretek. Tidak banyak yang mengetahui bahwa di kota ini, memiliki tradisi batik cukup tua yaitu batik Kudus.

Dalam upaya untuk melestarikan dan mengaktualisasikan batik Kudus, Djarum Apresiasi Budaya bekerja sama dengan Perkumpulan Rumah Pesona Kain menyelenggarakan kegiatan dengan tema "Pesona Batik Kudus",pada tanggal 30 Maret 2011 bertempat di Graha Bimasena - Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan.

"Program ini adalah wujud dukungan penuh Djarum Apresiasi Budaya terhadap upaya-upaya pengenalan, pengembangan dan pemeliharaan warisan luhur kebudayaan Indonesia, diantaranya batik Kudus" ujar Renitasari, Program Director Bakti Budaya - Djarum Foundation.

Beragam kegiatan mewarnai peluncuran program "Pesona Batik Kudus" ini. Pada acara tersebut selain menampilkan batik Kudus dengan motif "warna warni daun tembakau", juga menampilkan replika batik Kudus kuno. Untuk melengkapi acara ini diselenggarakan demonstrasi membatik, pameran dan bazaar batik Kudus, serta dihidangkan kuliner tradisional khas Kudus.