"Potret Diri", Jagongan Wagen Edisi Maret 2017

"Potret Diri", Jagongan Wagen Edisi Maret 2017

Tanggal : 25 Maret 2017

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Jagongan Wagen edisi Maret tahun 2017, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kali ini memberi kesempatan bagi seniman, yang telah membuktikan diri dan masih terus menghidupi keseniannya dengan berbagai karya yang diwujudkan berdasar gagasan diri secara personal, melalui sebuah dukungan bernama Hibah Seni Jagongan Wagen. Seniman peraih Hibah Seni Jagongan Wagen diharapkan memiliki semangat pada kerja kolaborasi untuk membangun kapasitas dan kompetensi diri, juga orang lain.

Dengan proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi Maret 2017 “Potret Diri”.

Secara visual, potret adalah representasi atau penggambaran diri seseorang. Cara pembuatan yang paling lazim adalah memusatkan perhatian pada ekspresi wajah dan suasana hati subyek. Sementara dalam sastra, potret adalah gambaran atau analisis mengenai seseorang atau sesuatu, tentang pemikiran, wawasan, renungan, dan hal-hal lain di sebalik yang tampak. Dalam keduanya, ada kesadaran dan kesengajaan untuk menata komposisi demi mendapat respon tertentu dari penonton.

Pada pertunjukan ini, kita bertemu dan berinteraksi dengan seorang aktor yang menceritakan kisah hidupnya sendiri, setidaknya dia menganggap demikian. Alih-alih menampilkan bagian-bagian yang menyenangkan atau membanggakan, dia lebih memilih mengambil dari ingatan tanpa penilaian baik atau buruk. Pilihan yang jarang kita temui akhir-akhir ini, saat kebanyakan orang sibuk berlomba untuk terlihat menjadi yang terbahagia, tersukses, terkaya, terkenal, atau setidaknya terlihat demikian.

Menempatkan penonton sebagai teman bicara setara (yang pasif), adalah usaha aktor untuk mengatasi jarak antara penampil dan penonton. Menyempitnya jarak ini membantunya mengolah tema yang kurang lazim sebagai bahan pembicaraan di ruang publik dan menegaskan kemampuan seni dalam mengolah sisi buruk kehidupan menjadi hal yang lebih baik dan konstruktif. Sesuatu yang banyak kita butuhkan akhir-akhir ini.

Dengan dukungan seniman lain, Ari Dwianto mendapat kesempatan mempresentasikan karyanya, untuk pertama kali (premiere) dalam Jagongan Wagen edisi Maret 2017 ini.

Seniman-seniman yang terlibat dalam proses kolaborasi serta sajian Jagongan Wagen Edisi Maret 2017 ini adalah :
1. Ficky Tri Sanjaya (Seniman Teater)
2. Hengga Tiyasa (Seniman Musik)
3. Richardus Ardita (Seniman Musik)
4. Sabina Thipani (Seniman Musik)

Jagongan Wagen Edisi Maret 2017 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Maret 2017, Pukul 19.30 – 22.00 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)
Jagongan Wagen (JW), adalah ruang masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama berpartisipasi  dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, melalui praktik pertunjukan di PSBK. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, Jagongan Wagen secara nyata mengedepankan bentuk dan isi dari kekuatan kesenian, melalui penciptaan dan pementasan pertunjukan seni. Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan dan difasilitasi oleh PSBK, merupakan proses bagi seniman-seniman untuk secara kolaboratif belajar menciptakan dan menyajikan kekuatan artisitik berkesenian, baik yang bersifat individual maupun kolektif.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
PSBK, yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978, sejak awal berdirinya  memberikan serta menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang berwujud keindahan hidup manusia dan masyarakat maupun karya itu sendiri. PSBK, bersama dengan seniman dan masyarakat luas serta melalui proses belajar seninya, berusaha menciptakan kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah. Dengan demikian PSBK mengembangkan dan memperluas visi Alm. Bagong Kussudiardja mengenai peran kehidupan seni dalam memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja /Twitter: @PSBK_Jogja
Youtube: media psbk / Instagram : @psbk_jogja