Randai Buluah Sonsang di Festival Nan Jombang

Randai Buluah Sonsang di Festival Nan Jombang

Tanggal : 3 Januari 2018

Lokasi : Ladang Tari Nan Jombang, Sanggar Rimbo Tarok Belakang Perumahan POLDA Balai Baru Padang, Sumatera Barat

Festival Nan Jombang Tanggal 3  memasuki tahun ke 6 penyelenggaraannya. Dan tahun 2018 akan menfokuskan menampilkan kesenian tradisi Randai dan Tari Piring dengan kegiatan sepanjang tahun di setiap tanggal 3 . Mengawali, tanggal 3 Januari 2018 akan dibuka oleh  kesenian Randai   Buluah Sonsang kota Padang. Grup Randai Buluah Sonsang berdiri pada tahun 2010, didirikan oleh Yummartias (Oyong) bersama Angga Djamar dan tampil pertama kali di Episentrum, Jakarta. Sampai saat ini Grup Randai Buluah Sonsang sudah tampil dalam berbagai event ataupun festival di tingkat Provinsi ataupun Nasional.

Cerita randai yang akan ditampilkan berjudul Sutan Pamuncak Pulang Ka Bako. Bercerita tentang bagaimana seorang tokoh  yang bernama Sutan Pamuncak dipaksa oleh mamaknya untuk menikah dengan bako  atau anak dari garis keluarga Bapak. Namun Sutan Pamuncak menolak karena sudah memiliki calon untuk dirinya sendiri. Perselisihan tentang pulang ka bako ini tak bisa dielakkan karena kerasnya keinginan mamak untuk menikahkan kemenakannya dengan bako dan kerasnya keinginan sang kemenakan untuk menolaknya.

Sutan Pamuncak Pulang Ka Bako ini merupakan sebuah pertanyaan untuk masyarakat Minangkabau. Pulang ka bako adalah salah satu adat sistem perkawinan yang mentradisi di Minangkabau dimana mamak meminta agar kemenakannya mau menikah dengan anak dari pihak keluarga bapak atau di Minangkabau disebut bako. Namun pada saat ini, apakah masyarakat Minangkabau setuju atau menentang sistem perkawinan pulang ka bako ini?

Pertunjukan randai ini akan berdurasi  1 jam, dengan jumlah pemain sebanyak: 12 orang untuk legaran, 6 orang pemusik dan 6 orang aktor. Seluruh pemain randai ini merupakan siswa-siswi SMK Negeri 7 Padang.

Bila masih penasaran bagaimana sistem perkawinan pulang ka bako dan bagaimana perselisihan antara mamak dan kemenakan. Silahkan temukan sendiri jawabannya pada Festival Nan Jombang Tanggal 3 pada hari Rabu 3 Januari 2018, tepat pada pukul 08:00 WIB, di Ladang Tari Nan Jombang, Rimbo Tarok, Balai Baru, Padang. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Nan Jombang Group, Galombang Minangkabau dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Info lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :
Angga Djamar : 0812 6616 716