(Re)kreasi : traveling, writing, dan photography

(Re)kreasi : traveling, writing, dan photography

Tanggal : 10 November 2017 s/d
12 November 2017

Lokasi : Loksado dan Nagara, Kalimatan Selatan

Bakti Budaya Djarum Foundation dan Arcana Foundation bersama-sama menghelat agenda (Re)kreasi, 10-12 November 2017 di Loksado dan Nagara, Kalimatan Selatan. (Re)kreasi merupakan sinergi antara traveling, writing, dan photography, tiga hal yang membuat para pesertanya mendapatkan liburan, sekaligus ilmu tentang fotografi dan travel writing. Oleh sebab itulah, (Re)kreasi akan melibatkan dua profesional yang akan menjadi mentor puluhan peserta (yang sudah terdaftar) selama dalam perjalanan. Para calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui email: arcana.management@gmail.com.

Hermanus Prihatna, adalah fotografer dengan segudang pengalaman memotret berbagai peristiwa penting di dunia jurnalistik. Hermanus, kini bertugas sebagai Kepala Divisi Foto Antara, kantor berita yang memasok foto-foto untuk media-media Indonesia dan media internasional. Turut pula wartawan senior Susi Ivvaty yang meniti karir selama 16 tahun di Harian Kompas. Susi kini sedang membangun media berbasis online yang ia kelola bersama para jurnalis handal di Tanah Air. Susi juga dikenal di dunia jurnalistik lewat tulisan-tulisan perjalanannya yang impresif. Keduanya, akan menjadi mentor para peserta (Re)kreasi selama mengunjungi situs-situs penting di Kalimantan Selatan. Mereka juga akan berbagi ilmu fotografi dan menulis dalam kelas-kelas yang akan diselenggarakan secara khusus di Loksado.

(Re)kreasi sebagaimana tajuknya, diharapkan memupuk kesadaran tentang pentingnya mengenal Indonesia secara lebih kreatif. Kreasi-kreasi fotografi dan tulisan diharapkan pula dapat menyebarkan tentang potensi keindahan dan keragaman Indonesia. Sehingga daripadanya akan tumbuh rasa persaudaraan dan mempererat tali silaturahim di antara sesama anak bangsa. Lewat (Re)kreasi, para peserta akan memiliki prespektif baru, tentang bagaimana memahami, menyelami, dan mengalami menjadi Indonesia dari Kalimantan.

Para peserta, akan diajak berkunjung ke Loksado, sebuah lokasi wisata khas yang berada di sekitar permukiman Suku Dayak di pedalaman Kalimantan. Oleh sebab itu, para peserta juga akan diperkenalkan dengan adat-istiadat serta kebudayaan Suku Dayak yang bermukim di sekitar Sungai Amandit. Tak ketinggalan kuliner dan pasar yang khas Kalimantan. Selain itu, di Nagara para peserta akan diajak menyelami pengembalaan kerbau di tengah danau, yang menjadi satu-satunya kebiasaan unik di dunia. Kerbau-kerbau sepanjang hari berada di tengah-tengah danau dengan berenang mencari makan. Sore hari dengan menggunakan perahu kecil, para gembala akan menggiring mereka memasuki kandang-kandang terapung. Ini sesuatu yang unik dan khas Indonesia.

(Re)kreasi akan melibatkan aktris (bintang film dan pemain teater) cantik Sha Ine Febriyanti. Ine akan menjadi salah satu peserta aktif, yang punya keinginan dan nyali besar untuk menelusuri wilayah-wilayah jauh dari Indonesia. Program ini, bisa menjadi cara memperkenalkan Indonesia, karena para peserta akan diberi tips-tips untuk memotret dan menulis, foto-foto serta tulisan-tulisan mengenai daerah yang dikunjungi disebarkan melalui publikasi dan media sosial.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :
Kalimantan : Rika (0878 1595 9229)
Jakarta : Angelina (0811 1355 108)
Email : arcana.management@gmail.com