Roro Mendut 2012

Roro Mendut 2012

Tanggal : 14 April 2012 s/d
30 November -0001

Lokasi : Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki

Djarum Apresiasi Budaya bekerjasama dengan Banyumili Production, sebuah kelompok sosialita ibukota yang sangat peduli pada eksistensi budaya Indonesia, akan menyelenggarakan sebuah pementasan yang terinspirasi dari “Babad Tanah Jawa”, sebuah manuskrip fiksi Jawa Kuno, berjudul “Roro Mendut” pada hari Sabtu, 14 April 2012 di Teater Jakarta, pada pukul 15.00 WIB dan 20.00 WIB.

‘Roro Mendut’ mengambil latar tahun 1600-an, yakni era pemerintahan Kerajaan Mataram dibawah kuasa Sultan Agung. Adapun produksi ‘Legenda Opera Roro Mendut’ adalah sebuah produksi teater kontemporer yang ditulis berdasarkan cerita tersebut. Pertunjukan teater tari ini diciptakan sebagai persenyawaan kesenian tradisional Jawa dalam bentuk musik dan tari serta teknik teater dan teknologi yang modern.

Kisah ‘Roro Mendut’ menyorot kehidupan seorang gadis belia yang memiliki daya tarik luar biasa, tetapi harus tunduk kepada kuasa patriarkis dan politis. Ia bukan memperjuangkan negara atau kaumnya, tapi lebih esensial, memperjuangkan hidup dan hak asasinya sebagai manusia. Bahwa ia menggunakan daya tariknya untuk menyambung hidupnya mungkin menimbulkan pertanyaan kuasi-moralis, bagaimanapun, ia hanyalah salah satu contoh dari penaklukan pria oleh wanita dan hal ini tidak disalahgunakannya.

Konsep artistik produksi ini diarahkan oleh Ida Soeseno, Direktur Artistik yang sudah lama mendalami kesenian tradisional Jawa dan terdaftar oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) atas ide-ide inovatifnya yang mengoptimisasi presentasi pertunjukan seni tradisional. Selain aktor dan aktris karismatik seperti Ray Sahetapy, Happy Salma, dan Debby Sahertian, pertunjukan ini juga menampilkan figur publik senior seperti Enny Soekamto dan Rima Melati, para sosialita Jakarta, serta seniman-seniwati dari Wayang Orang Bharata dan Institut Seni Indonesia. Ida Soeseno mempercayakan Happy Salma untuk berperan sebagai Roro Mendut.

Untuk mendapatkan informasi tiket pertunjukan dapat menghubungi : 021 4786 3227