Ruang Seni Rupa "Di Antara Dua Dunia"

Ruang Seni Rupa "Di Antara Dua Dunia"

Tanggal : 14 Juli 2018 s/d
4 Agustus 2018

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Juli ini, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) melalui Ruang Seni Rupa PSBK kedua pada 2018, mengaktualisasikan potensi kesenian, seniman, dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman dari berbagai disiplin seni, serta melibatkan masyarakat untuk saling mengapresiasi hasil penciptaan karya rupa “bertumbuh” (Project Rupa Tumbuh 2018). Melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan, tema sekaligus judul dalam proses peristiwa rupa tumbuh kali ini adalah “Di Antara Dua Dunia”.

Representasi dalam dunia maya sekarang menjadi faktor penting bagi seseorang untuk menjalin serta merawat relasi sosial. Dunia maya sebagai ruang interaksi lebih sering mempunyai efek terhadap kehidupan sosial seseorang dalam dunia nyata. Tanpa memiliki gawai dengan aplikasi-aplikasi media sosial atau komunikasi berbasis internet, relasi sosial seseorang dan akses terhadap kesempatan mengetahui aktivitas dalam dunia nyata akan berkurang dengan drastis.

Jika dalam aplikasi komunikasi berbasis internet seperti Whatsapp atau Line, misalnya, komunikasi berjalan dua arah, si penerima dan si pemberi informasi mempunyai kesempatan untuk mengolah informasi secara bersamaan, aplikasi-aplikasi media sosial lain seperti IG, Facebook atau Twitter, mempunyai pola komunikasi yang berbeda. Di platform-platform media sosial tersebut, komunikasi bisa berjalan secara tidak langsung. Pesan yang diunggah oleh si pemberi pesan, melalui status atau caption, ditujukan untuk banyak orang yang berada dalam jaringan atau ruang interaksinya. Jenis pesannya juga bisa berbentuk pemberitahuan mengenai hal-hal atau potongan-potongan peristiwa dalam hidupnya, representasi sebagian kehidupan para penggunanya.

"Representasi itu menempati porsi penting dalam interaksi sosial sekarang. Respon yang muncul pun beragam. Pola komunikasi menjadi semakin susah ditebak arahnya. Ruang interaksi meluas. Seniman mencoba membedah bagaimana praktik ulang alik perjalanan serta kendali atas cara merepresentasikan diri baik di dunia nyata maupun di dunia maya," ujar penanggung jawab program, Teguh Hari.

Seniman yang berkolaborasi dalam dalam kegiatan pameran seni rupa “Di Antara Dua Dunia” yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, adalah:

  1. Muhammad Tahta Gilang Anfasya Nasution (Seni Rupa)
  2. Regina Gandes Mutiary (Seni Teater & Musik)
  3. Sri Kasih Hasibuan (Seni Tari & Teater)
  4. Wijil Sinang Purba Waluya (Seni Teater)

- Presentasi  PAMERAN   (14 Juli - 4 Agustus 2018)
Presentasi pameran RSR “Di Antara Dua Dunia” akan dapat diakses oleh masyarakat melalui beberapa kegiatan yang akan terlaksana di PSBK, yaitu:

1) Sabtu, 14 Juli 2018 pukul 19.00 – 21.00 WIB

Pembukaan Pameran

Side Events :

2) Jumat, 26 Juli 2018, pukul 10.00 – 12.00 WIB

Workshop Kreativitas (untuk siswa SMA)

3) Sabtu, 4 Agustus 2018, pukul 15.00 – 17.00 WIB

Diskusi bersama Seniman RSR

Pendaftaran workshop melalui PSBK +62-821-4141-6252 & info@psbk.or.id

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art centre, PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran.

Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK
Platform pameran seni rupa yang difasilitasi dan dikurasi oleh PSBK, berlangsung sebanyak 3-4 kali dalam setahun. Program ini memberi ruang bagi masyarakat seni dan selain seni untuk berpartisipasi dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif.

Project Rupa Tumbuh 2018
Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, serta presentasi seni rupa; RSR PSBK mengaktualisasikannya melalui penciptaan karya rupa “bertumbuh”. Nilai penting dari karya rupa “bertumbuh” ini adalah proses kolaborasi antar seniman dengan masyarakat apresiator presentasi Project Rupa Tumbuh. PSBK memfasilitasi dan mengkurasi program yang berlangsung sebanyak tiga-empat kali dalam satu tahun ini.

Informasi lebih lanjut :
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id  / media@psbk.or.id   
Web: www.psbk.or.id
Whatsapp: +62-821-4141-6252
FB: padepokansenibagongkussudiardja
Twitter & Instagram: @psbk_jogja