Ruang Seni Rupa Edisi Agustus-September 2015 : Meramal Mas(s)a

Ruang Seni Rupa Edisi Agustus-September 2015 : Meramal Mas(s)a

Tanggal : 29 Agustus 2015

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Ruang Seni Rupa Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) pada tahun pelaksanaan 2015 dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan mengaktualisasikan suatu bentuk dan isi dari kekuatan kesenian dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman serta masyarakat apresiator yang hadir dengan penciptaan karya rupa “bertumbuh” (Project Rupa Tumbuh 2015). Ruang Seni Rupa PSBK Edisi Agustus - September 2015 kali ini menghadirkan kekuatan “meramal”  dari 3 (tiga) seniman yang akan bersama dalam proses menciptakan keindahan seni rupa melalui: Meramal Mas(s)a.

Meramal Mas(s)a disini dimaknai sebagai upaya untuk “melihat” atau “memprediksi” masa depan. Tentunya bukan sembarang prediksi, melainkan melalui proses membaca dan menandai harapan-harapan yang ada pada massa dan masa. Harapan-harapan ini dikumpulkan dan diolah serta dijadikan modal untuk bisa menghadirkan kemungkinan-kemungkinan dalam melihat masa depan. Dengan demikian, “melihat” atau “memprediksi” masa depan sebenarnya adalah usaha atau kerja kreatif manusia dalam menyerap serta meresapi yang hadir disekitarnya, pada saatnya.   

Di Ruang Seni Rupa kali ini, PSBK mengajak seniman untuk memperkuat inderawinya dalam membaca masa dan massa; melalui interaksi bersama dengan masyarakat untuk memperoleh data yang bisa memunculkan kemungkinan dan/atau imajinasi atas masa depan, dan diwujudkan dalam karya rupa.

Jadwal “Meramal” akan berlangsung pada 29 Agustus - 16 September 2015 setiap hari Rabu (pkl. 13.00 – 16.00), (kecuali tanggal 9 September 2015), Selasa, 8 September 2015 pukul 14.00 – 16.00 WIB dan Sabtu (pkl. 11.00 – 14.00). Dan Presentasi hasil ramalan dilaksanakan pada Sabtu, 19 September 2015 pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Seniman MERAMAL MAS(S)A dalam kolaborasi ini adalah:

1. Arif Hanungtyas Sukardi, Seni Rupa
2. Harik Giarian Hafidz, Musik
3. Lukman Santoso, Seni Rupa
Seperti apa wujudnya? Silahkan hadir untuk “diramal” dan selanjutnya silahkan menikmati usaha dan hasil ramalan dari para seniman-seniman.
Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK
Salah satu bentuk program presentasi seni di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK sejak tahun 2014 membawa masyarakat seni dan selain seni untuk bersama dan berpartisipasi dalam mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, di dalam dan melalui praktek seni rupa. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, serta presentasi seni; Ruang Seni Rupa PSBK pada tahun 2015 akan mengaktualisasikan secara nyata bentuk dan isi dari kekuatan kesenian dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman serta masyarakat apresiator yang hadir dengan penciptaan karya rupa “bertumbuh”.   

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

PSBK didirikan dan dibangun oleh Alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Keberadaan PSBK sejak awal berdirinya, telah menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang diwujudkan untuk keindahan hidup manusia dan masyarakat. Kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah tercipta melalui proses belajar yang diciptakan oleh PSBK bersama dengan seniman dan masyarakat luas mengenai arti seni di PSBK. PSBK memperluas visi yang dirintis dan diinspirasi oleh Alm. Bagong Kussudiardja yang percaya bahwa kehidupan seni memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Info lebih lanjut :
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja
Twitter: @PSBK_Jogja