Ruang Seni Rupa Edisi Oktober - November 2015 : "Larung"

Ruang Seni Rupa Edisi Oktober - November 2015 : "Larung"

Tanggal : 31 Oktober 2015 s/d
21 November 2015

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Ruang Seni Rupa PSBK pada tahun pelaksanaan 2015 dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan mengaktualisasikan suatu bentuk dan isi dari kekuatan kesenian dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman serta masyarakat apresiator yang hadir dengan penciptaan karya rupa “bertumbuh” (Project Rupa Tumbuh 2015). Ruang Seni Rupa PSBK Edisi Oktober-November 2015 kali ini menghadirkan Larung sebagai tema sekaligus judul dalam proses penciptaan karya.

Seni, dalam berbagai bentuknya serta potensi dan proses penciptaannya yang sering bersandar tidak hanya pada pikiran semata, bahkan sering menjadikan perasaan atau imajinasi, adalah sarana yang terbukti efektif untuk membantu mempermudah akses ke tempat penyimpanan ingatan-ingatan atas peristiwa yang melekat dan membekas. Dan seringkali ingatan tersebut adalah ingatan yang mempengaruhi hidup dikemudian hari.

Tinggal/menetapnya diri pada ingatan tersebut terkadang tanpa disadari memberi tekanan lebih untuk melangkah. Perlu satu usaha untuk melepaskan atau dengan kata lain “berdamai” dengan hal tersebut.

Ruang Seni Rupa kali ini, ingin mengajak setiap individu yang terlibat didalamnya mengemukakan ingatan tersebut dan secara bersama-sama melarungnya atau melepaskannya dalam ruang kreatif. Menciptakan keindahan dari segala wujud kelekatan atas kisah, peristiwa yang membekas tersebut. Hingga pada akhirnya segala simbol yang dihadirkan akan menjadi modal penciptaan karya yang penuh dengan rasa.

PSBK mengajak Masyarakat dengan berbagai kisahnya di masa lalu, untuk menengok kembali peristiwa bersejarah dalam hidupnya yang dengan besar dan kuat hati, ingin dilepaskan. Dengan membagikan kisahnya dan memberi satu atau dua benda yang terkait dengan kisah tersebut, masyarakat dapat berperan aktif dalam mewujudkan Larung bersama dengan Seniman-seniman.

Jadwal INTERAKSI akan berlangsung pada 31 Oktober - 18 November 2015 setiap hari Rabu pukul 13.00 – 16.00, dan Sabtu pukul 11.00 – 14.00. Dan PRESENTASI hasil akhir (karya rupa) akan terjadi pada Sabtu, 21 November 2015 pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Seniman LARUNG dalam kolaborasi ini adalah:
Helmi Fuadi  - Seni Rupa
Asep Prasetyo  – Seni Rupa
Rosalia Novia Ariswari - Tari

Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK
Salah satu bentuk program presentasi seni di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK sejak tahun 2014 membawa masyarakat seni dan selain seni untuk bersama dan berpartisipasi dalam mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, di dalam dan melalui praktek seni rupa. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, serta presentasi seni; Ruang Seni Rupa PSBK pada tahun 2015 akan mengaktualisasikan secara nyata bentuk dan isi dari kekuatan kesenian dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman serta masyarakat apresiator yang hadir dengan penciptaan karya rupa “bertumbuh”.   

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
PSBK didirikan dan dibangun oleh Alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Keberadaan PSBK sejak awal berdirinya, telah menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang diwujudkan untuk keindahan hidup manusia dan masyarakat. Kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah tercipta melalui proses belajar yang diciptakan oleh PSBK bersama dengan seniman dan masyarakat luas mengenai arti seni di PSBK. PSBK memperluas visi yang dirintis dan diinspirasi oleh Alm. Bagong Kussudiardja yang percaya bahwa kehidupan seni memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja
Twitter: @PSBK_Jogja