Ruang Seni Rupa "Kosa Kata"

Ruang Seni Rupa "Kosa Kata"

Tanggal : 25 April 2015 s/d
15 Mei 2015

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Ruang Seni Rupa Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) pada tahun pelaksanaan 2015 dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan mengaktualisasikan suatu bentuk dan isi dari kekuatan kesenian dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman serta masyarakat apresiator yang hadir dengan penciptaan karya rupa “bertumbuh” (Project Rupa Tumbuh 2015). Ruang Seni Rupa PSBK Edisi April-Mei 2015 kali ini menghadirkan kekuatan ekspresi dan kata dari 4 (empat) seniman yang akan bersama dan bersamaan dalam proses menciptakan keindahan seni rupa melalui tema “Kosa Kata”.

KOSA KATA di sini dimaknai sebagai simbol atau tanda. Seperti yang diketahui bersama KATA terbentuk dari kumpulan abjad yang diatur dan atau ditata menjadi pernyataan yang bermakna. Dimana KATA ini menandai sebuah hal menjadi bersifat, berbentuk dan bergerak (kata sifat, kata benda, dan kata kerja). Makna yang ditandai tiap KATA ini dihadirkan sebagai perwakilan peristiwa yang ingin disampaikan oleh si pembuat KATA. Dengan sendirinya kata menjadi simbol bahwa manusia berkeinginan untuk mewujudkan sebuah peristiwa yang bisa ditangkap oleh orang lain. Tentu saja masing-masing manusia punya cara dalam mewujudkan peristiwanya: melalui gerak, suara, dan rupa.
 
Di Ruang Seni Rupa PSBK kali ini, Seniman ditantang untuk mencari kekayaan, mengkoleksi dan mengumpulkan kata sebagai landasan dalam penciptaan karya. Format selain pameran, dan interaksi bersama masyarakat yang berkontribusi dalam penciptaan karya menjadikan ruang ini semakin menantang.

Interaksi dengan masyarakat dan penciptaan karya rupa bertumbuh berlangsung 25 April-13 Mei 2015 setiap hari Rabu (13.00 – 16.00) dan Sabtu (11.00 – 14.00). Dan Presentasi Akhir karya rupa bertumbuh dilaksanakan pada Jumat, 15 Mei 2015 pukul 19.00 – 21.00 WIB.  Presentasi Akhir menjadi wujud yang diusahakan oleh Seniman bersama masyarakat untuk menunjukkan bahwa setiap individu punya kata yang bisa menciptakan peristiwa.

Seniman yang akan berkolaborasi dalam kegiatan ini adalah:
1. Gendra Wisnu Buana – Musik
2. Helmi Fuadi - Seni Rupa
3. Lukman Santoso - Seni Rupa
4. Wisnuaji Putu Utama - Seni Rupa

Tim Kurasi PSBK:  Citra Pratiwi, Nunung Deni Puspitasari, dan Tita Dian Wulansari.

Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK
Salah satu bentuk program presentasi seni di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ruang Seni Rupa (RSR) PSBK sejak tahun 2014 membawa masyarakat seni dan selain seni untuk bersama dan berpartisipasi dalam mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, di dalam dan melalui praktek seni rupa. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, serta presentasi seni; Ruang Seni Rupa PSBK pada tahun 2015 akan mengaktualisasikan secara nyata bentuk dan isi dari kekuatan kesenian dan konsep kuratorial PSBK melalui proses kolaborasi antar seniman serta masyarakat apresiator yang hadir dengan penciptaan karya rupa “bertumbuh”.   

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
PSBK didirikan dan dibangun oleh Alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Keberadaan PSBK sejak awal berdirinya, telah menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang diwujudkan untuk keindahan hidup manusia dan masyarakat. Kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah tercipta melalui proses belajar yang diciptakan oleh PSBK bersama dengan seniman dan masyarakat luas mengenai arti seni di PSBK. PSBK memperluas visi yang dirintis dan diinspirasi oleh Alm. Bagong Kussudiardja yang percaya bahwa kehidupan seni memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :

Email: info@psbk.or.id

Tel./Fax.: +62 274 414404