"Sampai Hari Ini", Jagongan Wagen Edisi September 2017

"Sampai Hari Ini", Jagongan Wagen Edisi September 2017

Tanggal : 23 September 2017

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Bulan ini, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mewujudkan kolaborasi kreatif melalui Jagongan Wagen Edisi September 2017, dengan menjembatani seniman antar disiplin seni dalam Program Seniman Pasca-terampil 2017. Proses kolaborasi penciptaan berangkat dari karya sastra Seno Gumira Ajidarma berjudul Kitab Omong Kosong (Persembahan Kuda), bagian pertama.

Melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi September 2017 “Sampai Hari Ini”.

Sampai Hari Ini adalah hasil Proyek Interdisiplin PSBK ketiga dan merupakan Presentasi Pertunjukan terakhir bagi tujuh seniman dari disiplin seni berbeda, peraih beasiswa Seniman Pasca-terampil PSBK tahun 2017. Seniman tersebut bersama-sama mewujudkan sebuah proses kolaborasi lintas disiplin dengan mengambil sumber inspirasi penciptaan dari bagian pertama buku berjudul Kitab Omong Kosong (Persembahan Kuda) karya Seno Gumira Ajidarma, yang dikenal tajam mempertanyakan kembali nilai-nilai kebenaran, perdamaian dan keadilan yang mapan dalam karya sastranya.

Dikisahkan tentang perjalanan cinta yang melahirkan rasa sakit karena tumbuh di atas pondasi kepercayaan yang rapuh. Bisikan-bisikan jahat bertebaran menceraikan manusia dengan akal sehatnya. Peristiwa dan dinamika tokoh-tokohnya yang beragam, membuka tafsir dan imajinasi baru dalam pikiran seniman.

Bukan sekedar menceritakan kembali, setiap seniman ditantang untuk mengolah berbagai peristiwa dan menghadirkan respon-respon artistik sesuai disiplin seni masing-masing. Gerak, teks, cahaya, bunyi, dan objek-objek visual dijalin satu sama lain, menghidupkan kembali kompleksitas interaksi manusia memperebutkan kebenarannya sendiri-sendiri. Kebenaran yang terus menjalar pada emosi manusia, sampai hari ini.

Seniman yang mewujudkan gagasannya dalam Jagongan Wagen Edisi September 2017 adalah:
1. Ahmad Abdushomad (Seniman Teater)
2. Andrik Musfalri (Seniman Rupa)
3. Endang Setyaningsih (Seniman Tari)
4. Galuh Tulus Utama (Seniman Teater)
5. Hangga Uka H N A P  (Seniman Tari)
6. Rafika Dian Anggraini (Seniman Rupa)
7. Muhamad Syachran Musafa (Seniman Tata Cahaya)

Jagongan Wagen Edisi September 2017 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada 23 September 2017, pukul 19.30 – 22.00 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW) adalah ruang bagi masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama menjalankan proses belajar kreatif, kolaboratif, eksploratif dan edukatif melalui praktik penciptaan dan pementasan pertunjukan di PSBK. PSBK memfasilitasi dan mengkurasi kegiatan yang berlangsung setiap bulan ini, kecuali awal tahun dan bulan puasa.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art centre dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja /Twitter: @PSBK_Jogja
Youtube: media psbk / Instagram : @psbk_jogja