Sebuah Simfoni Untuk Perempuan, Konser Mengenang Ainun Habibie dan Para Perempuan Pejuang 98.

Sebuah Simfoni Untuk Perempuan, Konser Mengenang Ainun Habibie dan Para Perempuan Pejuang 98.

Tanggal : 11 Agustus 2018 s/d
12 Agustus 2018

Lokasi : Soehana Hall, Graha Energy, Jakarta

Yayasan Habibie dan Ainun (YHA) menggelar konser yang menampilkan karya-karya dari komposer Indonesia, Ananda Sukarlan di kediaman B. J. Habibie dan Soehana Hall, Graha Energy pada 11 dan 12 Agustus 2018.

Bermula dari sukses film Habibie & Ainun, YHA dibentuk dan diketuai oleh Ilham A. Habibie. YHA  merupakan sebuah yayasan  yang aktif dalam mendukung seni budaya bernuansa Indonesia, terutama dalam bidang musik klasik, karya sastra puisi dan fotografi. Ketiga bidang ini menjadi pilihan karena menggambarkan kegemaran B. J. Habibie akan musik klasik, puisi dan juga fotografi.

Sukses dengan Chamber Symphony pertama  di tahun 2014 dan  kedua tahun 2015,  tahun ini acara yang sama akan dikemas dengan tema “Sebuah Simfoni Tentang Perempuan” sebagai sebuah pengagungan perempuan selain sebagai sebuah persembahan untuk mendiang Ainun Habibie dan seluruh perempuan Indonesia.

Bertajuk “Sebuah Simfoni untuk Perempuan”, konser ini merupakan world premier untuk karya terbaru Ananda yang khusus ia buat untuk alat musik viola yang akan tampil secara solo dan delapan instrumen lain.

Untuk konser yang digelar dalam rangka memperingati hari lahir Ainun yang bernama lengkap Ainun Hasrie Besari. Komposisi solo untuk viola karya Ananda akan dimainkan oleh Dr. Adam Cordle yang disebutnya sebagai salah satu pemain muda viola terbaik di Amerika saat ini.

Tahun ini, peringatan ulang tahun Ainun Habibie akan dirangkai dengan peringatan 20 tahun Reformasi 1998 sehingga karya Ananda kali ini akan berfokus pada jasa para perempuan di sekitar dan setelah 1998.

Selain komposisi musik, konser ini juga akan dirangkai dengan monolog berjudul Simfoni Mata Yang Indah karya Putu Fajar Arcana. Pembacaan dramatik naskah tersebut akan dibawakan oleh aktris Maryam Supraba. Pemain dalam beberapa film seperti Kisah Tiga Titik, Sebelum Pagi Terulang Kembali dan Negeri Tanpa Telinga ini mengaku senang terlibat dalam pergelaran ini karena persoalan yang dibicarakan adalah perempuan.

Konser ini akan digelar dua kali, pertama di Perpustakaan Habibie dan Ainun di Patra Kuningan untuk undangan khusus dan konser kedua digelar untuk publik pada 12 Agustus 2018 di Soehanna Hall Gedung Energy. Tiket untuk pertunjukan di Soehanna Hall sengaja dibuat dengan harga terjangkau agar sebanyak mungkin publik dapat mengakses dan menikmati karya-karya dalam konser ini.

Untuk mensukseskan acara tersebut, YHA bekerjasama dengan www.indonesiakaya.com, sebuah portal informasi budaya Indonesia yang bertujuan memperkenalkan dan memberikan informasi kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Diharapkan pagelaran kali ini lebih sukses dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :
Whatsapp : 0818 891 038
Email : ycep@yahoo.com