Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
"Semar Gaung", Jagongan Wagen Edisi Agustus 2019

"Semar Gaung", Jagongan Wagen Edisi Agustus 2019

Tanggal : 30 Agustus 2019

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen edisi Juli untuk tahun 2019 ini menampilkan pertunjukan kolaboratif oleh peserta beasiswa Seniman Pascaterampil PSBK 2019. Melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih enam minggu, PSBK mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi Juli 2019, dengan judul “Semar Gaung”.

Semar adalah salah satu karakter dalam pewayangan yang kuat dan luas pengetahuannya. Sehingga dia dijuluki pamong para kesatria. Semar adalah simbol pengetahuan yang menjadi rujukan. Tapi zaman sudah berubah. Setiap manusia sudah mampu mengakses ‘pamong (guru)’nya masing-masing. Sesimpel membuka layar gawai dan menemukan sumber-sumber; rujukan-rujukan daring disejajarkan dengan guru. Atau lebih jauh lagi, menganggap semua yang berasal dari daring mempunyai bobot pengetahuan yang sama. Dalam konteks Semar, ini seperti membayangkan tentang  apa yang terjadi  jika murid-murid Semar tidak lagi menjadikannya sebagai rujukan sumber pengetahuan. Ruang-ruang yang mulanya bersifat nyata hari ini disejajarkan dengan ruang-ruang yang bersifat maya. 

Semar Gaung adalah pertunjukan musik kolaboratif yang digagas oleh Guntur Nur Puspito atas pembacaan ulang terhadap sosok Semar dengan mengkontekstualisasikannya pada realitas hari ini. Dan kemudian membawanya pada dialog tentang pengetahuan hari ini, seperti halnya Pitutur Semar, tak lagi didengar. Suaranya menggaung, terlontar, membentur pada kepala-kepala beku dan kembali pada dirinya sendiri. 

Pertunjukan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2019, pukul 19.30 – 22.00 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) 
 
Melanjutkan spirit maestro seni Indonesia Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.
 
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: media@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
Facebook: psbkjogja
Twitter & Instagram: @psbk_jogja
Youtube: media psbk