Simpang Jalan Menuju Rumah, Jagongan Wagen Edisi September 2018

Simpang Jalan Menuju Rumah, Jagongan Wagen Edisi September 2018

Tanggal : 22 September 2018

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen edisi September 2018, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), menghadirkan pertunjukan karya peraih Program Seniman Pasca-terampil (SPt) 2018. Terdiri dari tujuh seniman dari berbagai disiplin seni, karya yang ditampilkan merupakan hasil kolaborasi penciptaan yang difasilitasi selama kurang lebih satu bulan.

Ketujuh seniman tersebut adalah Istifadah Nur Rahma dengan disiplin seninya yaitu teater, Slamet Irfan tekun dalam teater dan musik, M. T. Gilang Anfasha Nasution dari seni rupa, Nurina Susanti dari seni rupa, Regina Gandes Mutiary menekuni teater dan musik. Adapun Sri Kasih Hasibuan yang menekuni teater dan tari, lalu Wijil Sinang Purba yang banyak aktif di teater juga film. Seniman tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Karya ini menantang seniman untuk berdialog dengan pengetahuan yang dimiliki seorang anak dan rentangannya akan harapan orang tua. Pendidikan menghadapkan anak dengan berbagai pilihan, yang sebagian belum tentu sejalan dengan obsesinya sendiri. Persimpangan kemudian muncul di tengah segala cara untuk menemukan jalan menuju rumahnya (pilihan) sendiri.

Pertunjukan berjudul “Simpang Jalan Menuju Rumah” yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini bisa disaksikan pada 22 September 2018, pukul 19.30 WIB di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)
Platform presentasi karya pertunjukan, difasilitasi dan diselenggarakan setiap bulan kecuali Januari dan Ramadhan. Ruang ini menyediakan dialog antar seniman dan penonton melalui pementasan.

Hibah Seni PSBK adalah fasilitasi seniman Indonesia untuk mempresentasikan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform Jagongan Wagen di PSBK, dengan dukungan kuratorial, produksi, dan dokumentasi, sebagai upaya membagi gagasannya kepada publik.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art centre, PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.                          : +62(0)274/ 414-404
Whatsapp                        : +62 82141416252
Email                             : info@psbk.or.id   
Web                               : www.psbk.or.id
Facebook                        : psbkjogja
Twitter & Instagram             : @psbk_jogja
Youtube                           : media psbk