"Sketsa Swara", Jagongan Wagen Edisi September 2014

"Sketsa Swara", Jagongan Wagen Edisi September 2014

Tanggal : 26 September 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran Rt.04 Rw. 21 No. 148, tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen edisi September 2014 mengangkat upaya Padepokan Seni Bagong Kussudiardja mengamati kekuatan manusia seni yang menunjukkan sketsa hidupnya dalam bentuk pertunjukan yang segar dan menyenangkan. Sketsa hidup manusia seni dihadirkan untuk menyuarakan pertumbuhan dan perkembangan pikir, rasa, dan laku manusia seni yang kreatif dan indah.

Sketsa hidup manusia seni  yang dimaksud adalah cara manusia seni meningkatkan daya kreasi, pikir, dan rasa serta peran seniman  dalam menggali kekuatan kreativitas dan keindahan dengan cara mengamati, cara mengimitasi, cara mewujudkan, dan cara mengaktifkan kesenian sebagai media komunikasi masyarakat yang menyenangkan. Bersumber pada tubuh (potensi seni) sebagai modal utama, seniman berproses  mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif. Proses yang juga mengedepankan rasa kreatif dan indah.  

“Sketsa Swara”, Jagongan Wagen Edisi September  2014 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan berlangsung pada hari Jumat, 26 September 2014, pukul 19.00 - 22.00 WIB, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran Rt.04 Rw. 21 No. 148, tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Dalam “Sketsa Swara” Jagongan Wagen Edisi September 2014, menampilkan kolaborasi 5 (lima) seniman, yaitu Ajeng/ Dwi Ajeng Fitriani (Karawitan), Ira/ Ira Komang Puspitaningsih (Teater), Dinu/ M. Dinu Imansyah (Teater), dan Dimas/ Ndimas narko Utomo (Musik), serta didukung oleh Nunung Deni Puspitasari sebagai Kurator.

Ke-5 seniman tersebut bersama dengan kurator akan mewujudkan bentuk yang bisa terpandang, terasakan, terpikirkan dan terdengarkan tentang Sketsa  manusia yang menyuarakan diri secara eksploratif, ekspresif dan belajar  di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja.

Sekilas mengenai Jagongan Wagen

Salah satu bentuk Program Presentasi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Jagongan Wagen (JW) digulirkan untuk membawa masyarakat seni dan selain seni secara bersama-sama berpartisipasi dalam mengembangkan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, di dalam dan melalui praktek pertunjukan di PSBK.

PSBK memfasilitasi proses bagi seniman-seniman yang belajar dan berkarya secara kolaboratif dalam menciptakan dan menyajikan kekuatan artistik berkesenian yang bersifat individu kolektif. PSBK menghadirkan dan memberlangsungkan Program PResentasi sebagai wadah bagi seniman sekaligus untuk memfasilitasi kekuatan proses penciptaan dan presentasi hasil belajar serta berkarya seni di PSBK.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Keberadaan PSBK sejak awal berdirinya, telah menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian baik yang diwujudkan dalam bentuk karya kesenian maupun yang diwujudkan untuk keindahan hidup manusia dan masyarakat.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :
Email: info@psbk.or.id
Tel./Fax.: +62-274-414404