SOLO CARNAVAL - ADEGING KUTHA SALA (Puncak Acara 270 Tahun Kota Solo)

SOLO CARNAVAL - ADEGING KUTHA SALA (Puncak Acara 270 Tahun Kota Solo)

Tanggal : 21 Februari 2015

Lokasi : Koridor Jalan Jendral Sudirman, Solo

Rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Solo ke-270 yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation bakal lebih semarak dengan hadirnya pertunjukan tari kolosal. Pementasan yang digelar di sepanjang ruas jalan Jendral Sudirman (depan Kantor Pos Besar Solo sampai menuju Kantor Bank Indonesia) Solo, pada tanggal 21 Februari 2015 mendatang akan menghadirkan lebih dari 270 penari profesional dan 560 penari dan peserta pendukung kirab karya koreografer Agung Kusumo Widagdo, dengan menampilkan lakon Adeging Kutha Sala.

Berbeda dengan pementasan wayang atau pertunjukan tari kolosal lainnya, pertunjukan  ini dirangkai tanpa dialog. Sepanjang pertunjukan, penonton akan dibantu dengan teks narasi yang dibacakan dengan Bahasa Indonesia serta tembang. Ini menjadi pilihan karena pertunjukan ini adalah persembahan untuk warga kota Solo sehingga diharapkan penonton  dengan segala lapisan akan dapat menikmati dan menangkap makna dan pesan dari pertunjukan ini.

Penonton yang hadir diharapkan menjadi bagian dari pertunjukan, dengan tema yang akan mengisahkan sejarah berdirinya Kota Surakarta. Himbauan kepada seluruh warga yang hadir saat menonton agar menggunakan kostum kejawen dalam hal ini bukan terbatas pada kain wiru dan beskap untuk laki-laki atau kebaya untuk perempuan tetapi juga surjan, landung, kejawen dengan iket dan lain sebagainya. Sehingga penonton yang hadir turut menjadi bagian  dari pertunjukan tersendiri dan akan menjadi wacana dan issue yang aktual. Sehingga nuansa kerakyatan akan sangat kental menyelimuti seluruh aura pertunjukan. Dan hari jadi kota Solo akan menjadi sebuah perayaan dan pesta untuk warga kota.

Gagasan konsep pertunjukan Adeging Kutha Sala akan menitik beratkan pada sejarah terbentuknya Kota Surakarta (pindahkan Karaton Kartasura ke Surakarta pada masa PB II) berikut akan menghadirkan nama-nama serta tokoh-tokoh yang ada didalamnya, tentu saja dengan garapan koreografi yang apik. Agung Kusumo selaku koreografer akan banyak mengolah koreografi jalanan yang selama ini sangat lemah pada setiap hajatan dan event di Kota Solo ini. Mensiasati dan mengakrapi tata ruang jalanan berbeda dengan menggarap tontonan pada pendopo atau black box teater. Akan melibatkan kerja keras dari team kreatif beberapa dari luar kota, dan tentu dukungan dari berbagai pihak ; Studio Moncar, Komunitas Wisma Seni, penari-penari dari ISI, SMKI, Alumni, Pokdarwis, Komunitas Teater Pelajar, kelompok Lesung Bonoroto, Sanggar Tari Iswara, dan lain-lain.

Masyarakat melebur tumpah ruah untuk menyambut semangat baru dan perubahan. Berbagai konfigurasi dari seluruh pendukung acara termasuk seluruh tamu undangan yang hadir ikut menjadi bagian dari pertunjukan ini.

TENTANG SUTRADARA :

Agung Kusumo Widagdo lahir 26 September1976 belajar menari sejak umur 9 tahun dengan Empu tari Jawa alm S .Maridi . Kemudian melanjutkan studi tentang tari di SMKI dan STSI Surakata dalam proses berkeseniannya Agung mendirikan Group Tari dengan nama Studio Moncar Iswara. Pengalaman berkarya dan menjadi koreografer yang melibatkan banyak penari sudah tidak diragukan lagi.

Beberapa karyanya banyak dipentaskan di berbagai festival antara lain ; Ngadeg Jejeg  2003, Gumregah 2005, Onto Wigeno  2005, Soram-soram 2008, Ibu Bumi th 2010, Sapu Jagad 2011, Kidung Dewi Sri 2012, Spirit of Borobudur 2013, Swara Bumi 2013, Reog Ponorogo 2000-2014 Sebagai penari Agung juga pernah beberapa kali ikut misi kesenian di  berbagai negara diantaranya China, London, Paris, Belanda, malaysia dan Afrika.

Agung banyak bekerja untuk karya-karya tari kolosal, seperti Hari Jadi Jepara, Ulang Tahun Pabrik Gula yang melibatkan pekerja-pekerja pabrik, Ulang Tahun Kota Sragen, Festival reyog Ponorogo, pawai Budaya Kota Semarang dan sebagainya.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :

Fafa Utami / 087736101146

Email : fafautami@hotmail.com

Eko Kroser / 081229339168

Email : croserdance@gmail.com