Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Studiklub Teater Bandung Mempersembahkan Lakon "Amangkurat Amangkurat"

Studiklub Teater Bandung Mempersembahkan Lakon "Amangkurat Amangkurat"

Tanggal : 29 Oktober 2019 s/d
30 Oktober 2019

Lokasi : Gedung Kesenian Rumentang Siang, jalan Baranang Siang No.1 Bandung

Amangkurat Amangkurat adalah sebuah lakon karya penyair, esais serta budayawan terkemuka Indonesia saat ini, GOENAWAN MOHAMAD. Lakon ini melantunkan lusuh sejarah dalam warna senja merah saga.

Walau memakai titik pijak fakta sejarah, namun GM [begitu beliau biasa disapa] menolak untuk mengatakan lakon ini lakon sejarah, beliau lebih senang menyebutnya sebagai sebuah delirium. Delirium dalam runutan istilah medis adalah penyakit dimana penderitanya akan mengalami gangguan kehilangan orientasi terhadap kondisi dan situasi yang dihadapinya, yang bisa saja disebabkan oleh virus, keracunan, dan sebagainya. 

Kondisi dan situasi seperti itulah yang dihadapi Mataram, menjelang wafatnya Amangkurat I di sebuah tempat pengasingan, di pesisir utara pulau Jawa. Dari luar tembok istana, gempuran pemberontak dari Sampang, Trunojoyo, gencar merangsek ibukota kerajaan, Pleret. Sementara di dalam keraton sendiri, hamburan intrik para pangeran yang berebut kuasa dan pengaruh rancak menumbuhkan kekacauan serta kesimpangsiuran di tengah-tengah para kawula. 

Sehingga wajar kemudian muncul satu pertanyaan, Amangkurat kuat atau rapuh?  Sebuah sodoran pisau bermata ganda, karena jawabannya bisa jadi sangat ambigu, tergantung dari sisi mana kita akan merangkai jawabannya. Tapi yang jelas, beberapa pakar sejarah menuliskannya sebagai diktator pertama dalam daftar raja-raja di pulau Jawa.

Lakon Amangkurat Amangkurat ini akan di panggungkan oleh Studiklub Teater Bandung didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, tanggal 29 - 30 Oktober 2019, di Gedung Kesenian Rumentang Siang, jalan Baranang Siang No.1 Bandung.  Pementasan ini akan didukung oleh para aktor yang berpengalaman seperti ; Gatot WD, Indrasitas, Dedi Warsana, Kemal Ferdiansyah, Deden Syarief, Ria Ellyasa Mifelsa, Karina Adinda, dengan sutradara IGN. Arya Sanjaya.

Info lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia :
Diana : 0852 2011 4428