Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Sua Suara, Jagongan Wagen Edisi November 2018

Sua Suara, Jagongan Wagen Edisi November 2018

Tanggal : 24 November 2018

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Jagongan Wagen edisi November 2018, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), menghadirkan pertunjukan karya peraih Hibah Seni PSBK 2018. Peraih ketiga tahun ini adalah Indra Ariffin dari Padang Panjang, Sumatera Barat, berjudul Sua Suara. Karya komposisi musik yang diciptakan oleh peraih hibah ini semakin mempertegas konsistensi PSBK dalam mewujudkan gagasan kreasi berbagai disiplin seni pertunjukan, setelah sebelumnya karya tari dan teater dihadirkan dua peraih Hibah, dari Jember dan Jakarta.

Indra Ariffin adalah komposer asal Sumatera Barat, yang telah melahirkan beberapa komposisi musik seperti Kato Batagak (2015), Lareh Nan Bunta; Jilid 1, 2, dan 3 (2017), dan Nagari Unggan (2018). Selain sebagai nomor tunggal, komposisi musiknya juga telah menyertai beberapa karya teater dan tari di Padangpanjang. Bersama kelompoknya, Gaung Marawa, Indra berusaha melihat zaman dengan menandai struktur-struktur yang hadir dalam masyarakat. Hampir semua berjalan melalui formulasi, prosedur, rumusan, dan berbagai nama “penjara” yang mengisyaratkan praktik “perbudakan”, termasuk suara. Suara-suara telah lama dipaksa tunduk pada formulasi kata, kode-kode, gramatika, bahkan nada-nada. Padahal sejatinya suara juga merupakan simulakra  yang punya kehendak sendiri. Ia perlu didengar dalam kemurniannya. Dari sumber-sumber yang tidak  mengenal apa itu konvensi. Suara-suara dianggap bising atau mengganggu kehendak manusia atas struktur dan harmonisasi. Komposisi yang hadir nantinya mengajak kita membuka lebih dalam kepekaan terhadap suara-suara yang sering kita abaikan, namun sebenarnya ada di sekitar kita. Tubuh sebagai sumber bunyi paling nyata menjadi bagian eksplorasi yang dipadukan dengan elektro akustik.

Pertunjukan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan berlangsung pada Sabtu, 24 November 2018, pukul 19.30 WIB, di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)
Platform presentasi karya pertunjukan, difasilitasi dan diselenggarakan setiap bulan kecuali Januari dan Ramadhan. Ruang ini menyediakan dialog antar seniman dan penonton melalui pementasan.

Hibah Seni PSBK adalah fasilitasi seniman Indonesia untuk mempresentasikan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform Jagongan Wagen di PSBK, dengan dukungan kuratorial, produksi, dan dokumentasi, sebagai upaya membagi gagasannya kepada publik.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art centre, PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.                  : +62(0)274/ 414-404
Whatsapp                 : +62 82141416252
Email                      : info@psbk.or.id
Web                      : www.psbk.or.id
Facebook                 : psbkjogja
Twitter & Instagram    : @psbk_jogja
Youtube                  : media psbk