Suluk Maleman 'Jimat Kalimasada'

Suluk Maleman 'Jimat Kalimasada'

Tanggal : 17 Mei 2013 s/d
30 November -0001

Lokasi :

Suluk Maleman adalah acara rutin bulanan yang digelar di Rumah Adab Indonesia Mulia, Jalan P. Diponegoro No. 94 Pati, Jawa Tengah. Acara ini dirancang sebagai ajang untuk silaturahim dan mengkaji masalah-masalah sosial Budaya, baik tingkat lokal maupun nasional. Acara yang dimotori oleh Orkes Puisi Sampak GusUran dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini sejak awal digagas sebagai oase untuk merekatkan kembali ikatan kemanusiaan, kemasyarakatan dan kebangsaan.

Secara rutin Orkes Puisi Sampak GusUran akan menemani tampilan kelompok kesenian tamu yang diundang: bisa teater, monolog, baca puisi, wayang, musik, tari, dan lainnya. Kali ini dalam acara Suluk Maleman periode bulan Mei 2013 akan mengangkat judul “Jimat Kalimasada” dengan menampilkan tokoh Budaya antara lain Sujiwo Tejo, Agus Toto Widyamoko, Dr. Ir. Saratri Wilonoyudho, Drs. Ilyas M.Ag, Anis Sholeh Ba'asyin, serta sajian karya dari Orkes Puisi Sampak GusUran. Acara digelar tepatnya pada tanggal 17 mei 2013, mulai pukul 19.30 WIB.

Kalimasada selalu dihubungkan dengan jimat atau jamus, sehingga berbunyi Jimat Kalimasada atau Jamus Kalimasada. Jimat adalah serapan dari bahasa Arab ‘azima, kurang lebih bermakna sesuatu yang bisa memberi kekuatan, sesuatu yang dianggap mempunyai kesaktian dan dapat melindungi pemiliknya dari bala dan penyakit. Sementara Jamus bermakna serat atau surat.

Nah, kalau dalam cerita pewayangan Jimat Kalimasada pernah dipakai oleh Prabu Yudhistira untuk mengalahkan keangkara-murkaan Salya beserta raksasa-raksasa ciptaan Aji Candrabirawa-nya, apakah saat ini Jimat Kalimasada dapat kita gunakan untuk melumpuhkan raksasa-raksasa yang sedang mencengkeram kita? Atau, jangan-jangan Jimat Kalimasada itu malah sudah tak kita rawat lagi?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia di nomor telephone 0821 3614 5062.

Acara ini juga disiarkan langsung dari radio PAS 101,0 FM serta Live Streaming: www.pasfmpati.com dan www.paspati.co.id