Teater Dewa Ruji Pentaskan "Pensiunan"

Teater Dewa Ruji Pentaskan "Pensiunan"

Tanggal : 28 Mei 2016

Lokasi : Aula STIKES Muhammadiyah Kudus

Bermula dari pentas teater kampung, Dewa Ruji merupakan komunitas teater yang berdiri sejak tahun 2010. Mempunyai sanggar di Dukuh Piji Wetan Lau Dawe Kudus. Awal mula berdiri, Dewa Ruji memberi suguhan lakon di acara hajatan rumahan atau kegiatan-kegiatan yang diadakan masyarakat. Lambat laun, ketika mulai dikenal dengan terus berproses, berkarya, Dewa Ruji mengadakan pentas produksinya yang pertama pada tahun 2011 di Balai Desa Cendono.

Kini produksi Dewa Ruji yang ketujuh didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation melakonkan naskah "Pensiunan" yang ditulis oleh Heru Kesawa Murti. Menggambarkan situasi masa-masa tua yang keladi penuh suka duka. Pementasan berlangsung pada Hari Minggu, 28 Mei 2016, di Aula STIKES Muhammadiyah Kudus, pertunjukan berlangsung dua kali, yakni pukul 15:30 WIB dan 19:30 WIB.

Sebagai kritik sosial, saat melihat antusiasme untuk mendaftarkan diri menjadi PNS (pegawai negeri sipil). Dengan gaji yang pasti didapat perbulannya sebagai iming-iming yang menggiurkan bagi mereka. Ditambah lagi gaji bulan ke-13, THR (tunjangan hari raya), dan -yang paling diandalkan yaitu dana “Pensiunan” menjadi motivasi lebih seseorang untuk mendaftar CPNS/PNS.

Berkisah tentang tidak mudahnya menjadi pensiunan. Berawal dari pengambilan uang pensiunan orang-orang yang telah pensiun dari jabatannya di PT TASPEN (Tabungan dan Asuransi Pensiun). Semua konflik terjadi mulai dari suka maupun duka.  Para “Pensiunan” hanya bisa mengantre panjang, menunggu namanya dipanggil tanpa kepastian yang jelas. Bahkan terkadang godaan muncul, entah itu potongan atau cicilan.

Info lebih lanjut hubungi Yuris di 085 643 943 090 atau Dono di 085 640 879 804