The Museum Week Tahun 2014

The Museum Week Tahun 2014

Tanggal : 13 Mei 2014 s/d
30 November -0001

Lokasi : Atrium Mal Senayan City, Jakarta

The Jakarta Post kembali menyelenggarakan The Museum Week pada tanggal 13 – 18 Mei, 2014 bertempat di Atrium - Mal Senayan City, Jakarta.  ‘Museum Collections Make Connections’ diangkat menjadi tema The Museum Week kali ini, selaras dengan tema dari International Museum Day yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2014.

Acara ini merupakan tahun kedua The Jakarta Post mengusung acara serupa, sebagai bentuk komitmen dalam menghargai dan menjaga kelestarian budaya dan sejarah Indonesia serta mempopulerkan museum-museum Indonesia di masyarakat umum terutama generasi muda.

Selama 6 (enam) hari, 14 (empat belas) museum akan menampilkan koleksi-koleksi terbaiknya dimana pengunjung dapat langsung berinteraksi  dan menikmati koleksi-koleksi tersebut. Keempat belas museum tersebut adalah: Museum Konferensi Asia Africa Bandung, Museum Sejarah Jakarta, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Layang-Layang Indonesia, Museum Bank Indonesia, Museum Polri, Museum Wayang, Museum Anjungan Papua, Museum Basoeki Abdullah, Museum Onrust, Museum Indonesia TMII, Museum Tekstil dan Monumen Nasional.
 
Sebagai highlight dari The Museum Week kali ini, hadir juga Virtual Reality Museum Majapahit yang menjadi museum ke 14 pada acara ini – dipersembahkan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation yang akan menampilkan 10 dimensi arca peninggalan sejarah Majapahit yaitu: Adityawarman (Manjusri), Arca Penunggang Gajah, Tribhuanawijayatunggadewi (Parwati), Dwarapala, Ganesha, Dyah Wijaya (Harihara), Maharesi Agastya, Prajnaparamita, Sri Rajadevi Maharajasa (Parwati) dan Yoga Tantra.

Didukung oleh Komunitas Historia Indonesia dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta, The Museum Week – juga akan mempersembahkan: pertunjukan seni, drama, talkshow dan pemutaran film, yang dapat dinikmati di panggung utama, dengan jadwal yang berbeda dan bervariasi setiap harinya.

The Museum Week juga didukung oleh berbagai pihak yang peduli dan memiliki komitmen terhadap pelestarian budaya Indonesia; Bakti Budaya Djarum Foundation, Pertamina, Sinar Mas, Semen Indonesia, Triputra Group, Indofood, Blue Bird Group, Es Teler 77, dan Senayan City.

Virtual Reality ‘Museum Majapahit

Dibawa oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Virtual Reality “Museum Majapahit” dengan media Oculus Rift, hadir dan dipersembahkan pertama kalinya bagi masyarakat umum di acara The Museum Week, Senayan City.

Bekerja sama dengan Anantarupa Studio sebagai pengisi konten, Virtual Reality “Museum Majapahit” akan menampilkan peninggalan hasil karya jaman Majapahit yang sudah tersebar di beberapa negara dan tidak lagi diperlihatkan secara umum di museum-museum di Indonesia sendiri. Virtual Reality “Museum Majapahit” ini menjadi sebuah solusi yang dapat menghilangkan batas waktu dan ruang untuk melihat apapun melalui media Oculus Rift, yaitu alat berbentuk kacamata dengan teknologi yang dapat memberikan simulasi konten virtual yang membawa penggunanya masuk ke dalam dunia maya.

Untuk selanjutnya, konten terkini dengan teknologi tinggi ini akan berada di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia West Mall lantai 8 dan menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan masyarakat mulai pertengahan Juni mendatang.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan The Museum Week :

Maritta Christiana : 0813 1022 8977
Nonabelle  HP : 0817 0817 118    
Email : promotion@thejakartapost.com