"Wanagita", Jagongan Wagen Edisi Mei 2016

"Wanagita", Jagongan Wagen Edisi Mei 2016

Tanggal : 28 Mei 2016

Lokasi : Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds.Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Pada Tahun 2016, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) melalui Jagongan Wagen menghadirkan sebuah model penciptaan karya yang dikenal dengan nama interdisciplinary (antar disiplin) atau pertunjukan yang mengkolaborasikan dua disiplin kesenian atau lebih. Harapannya, model penciptaan karya interdisciplinary ini dapat memberikan wacana baru kepada masyarakat tentang perwujudan karya pertunjukan seni, dan yang terpenting adalah memberikan tantangan kepada seniman-seniman yang terlibat untuk saling membagi kekuatan, mengembangkan, dan mewujudkan kekuatan antar disiplin.

Pada bulan Mei 2016, Jagongan Wagen akan mempresentasikan sebuah pertunjukan seni yang mengkolaborasikan dua kekuatan disiplin seni yaitu disiplin teater dan disiplin seni rupa. Setelah melalui proses fasilitasi penciptaan karya yang berjalan selama kurang lebih satu bulan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan Jagongan Wagen Edisi Mei 2016 “Wanagita”.

“Sejak lama aku memimpikan pergi ke hutan bersamamu. Menikmati keindahan pegunungan dan sungai. Aku akan habiskan waktu bercengkrama dengan burung-burung dan bunga-bunga. Berpisah darimu akan jadi neraka bagiku, Jika kau tinggalkan, aku pasti akan mati merana. Aku mohon jangan tinggalkan aku.” (Kitab Ramayana Bab 17)

Sebuah lelagu dari kedalaman hutan yang membunyikan rangkaian cerita atas sebuah kisah kehidupan seorang perempuan. Perempuan yang mencoba selalu bersetia bernama Sinta. Sinta, dia ada di dalam diriku dan dirimu di dalam hati-hati yang sepi di tengah kerumunan waktu lampau dan sekarang. Disinilah dia berdiri dan mengutarakan kisah-kisahnya diantara lalu lalang pergerakan jaman.

Pertunjukan yang memadukan teater dan seni rupa ini berusaha mengangkat tokoh Sinta dalam Kisah Ramayana sebagai sebuah subjek feminin di dalam ruang masa lalu dan kini. Di dalam pertunjukan ini ruang akan hadir sebagai sebuah instalasi yang bersifat teatrikal dan menawarkan permainan teatrikal yang meruang.

Seniman yang mewujudkan gagasannya ke dalam Jagongan Wagen Edisi Mei 2016 yang berjudul Wanagita ini adalah :

1. Aik Vela- Seni Teater
2. Fitriyana Yuliawati - Seni Teater
3. Rudita Endang Setiawan – Seni Rupa
4. Wisnuaji Putu Utama- Seni Rupa

Jagongan Wagen Edisi Mei 2016 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2016, pukul 19.30 WIB, bertempat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jagongan Wagen (JW)
Jagongan Wagen (JW), adalah ruang masyarakat seni dan selain seni untuk bersama-sama berpartisipasi  dalam proses pengembangan imajinasi dan kapasitas belajar kreatif, melalui praktik pertunjukan di PSBK. Sebagai ruang eksplorasi, ekspresi dan belajar, Jagongan Wagen secara nyata mengedepankan bentuk dan isi dari kekuatan kesenian, melalui penciptaan dan pementasan pertunjukan seni. Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan dan difasilitasi oleh PSBK, merupakan proses bagi seniman-seniman untuk secara kolaboratif belajar menciptakan dan menyajikan kekuatan artisitik berkesenian, baik yang bersifat individual maupun kolektif.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
PSBK, yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978, sejak awal berdirinya memberikan serta menjadi pusat perhatian atas pertumbuhan dan perkembangan nilai seni yang ada di kesenian, baik yang berwujud keindahan hidup manusia dan masyarakat maupun karya itu sendiri. PSBK, bersama dengan seniman dan masyarakat luas serta melalui proses belajar seninya, berusaha menciptakan kehidupan hidup manusia dan masyarakat yang indah. Dengan demikian PSBK mengembangkan dan memperluas visi Alm. Bagong Kussudiardja mengenai peran kehidupan seni dalam memberikan kontribusi untuk perkembangan ide-ide, cita-cita dan nilai-nilai bagi kehidupan manusia untuk terciptanya manusia yang berdaya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja
Twitter: @PSBK_Jogja