Wayang Gojek Usung Lakon Kumbakarna Gugur

Wayang Gojek Usung Lakon Kumbakarna Gugur

Tanggal : 30 September 2017

Lokasi : Balai Budaya Rejosari, Kudus

Kumbakarna adalah seorang raksasa dari tiga bersaudara putra sang begawan Wisrawa Sidi. Ia tidak setuju dengan kehendak sang kakandanya, Rahwana, yang ambisius untuk mendapatkan Dewi Shinta (seorang putri titisan Dewi Widyowati) hingga harus mengorbankan rakyatnya. Ketika peperangan antara Rahwana dan pasukan raksasa melawan Rama beserta pasukan keranya, Kumbakarna memilih tidur di gunung Rohmuka tempat semedinya kakandanya Rahwana.

Hingga akhirnya Rahwana mengutus Indrajid untuk membangunkan pamanya Kumbakarna yang kerjanya cuma tidur. Dengan segala cara dilakukanya untuk membangunkan, yang akhirnya sang Kumbakarna terbangun dan disuruh maju perang sebagai senopati (Panglima) perang dikerajaan Alengka untuk melawan dan menumpas para wadyabala Rama. Sang Kumbakarna sangat mengetahui kesalahan tindakan kakandanya, namun dia memilih mau untuk maju perang karena demi membela wutah darah/ tanah airnya. sekalipun itu disadarinya salah karena membela ketidakbenaran.

Kisah tersebut merupakan penggalan Lakon Kumbakarna Gugur yang akan dimainkan oleh Kelompok Wayang Gojek, pimpinan Waryoto Giok. Kelompok Wayang Gojek berdiri tahun 2012 ini ingin menawarkan alternative tontonan pertunjukan wayang dengan gaya berbeda. Hal ini berangkat dari keprihatinan akan semakin jauhnya wayang dengan generasi muda saat ini. Masih banyak yang belum paham dengan wayang, apalagi bahasa dan lakon yang ada di pertunjukan wayang purwa. Padahal kita semua sepakat bahwa wayang merupakan salah satu kesenian yang mengandung banyak nilai luhur dan ajaran kebaikan bagi kita.

Wayang Gojek yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan hadir di Balai Budaya Rejosari, pada Sabtu, 30 September 2017, pukul 19.00 WIB, dengan gaya yang lebih mudah dipahami dan bisa diterima khususnya di kalangan generasi muda, dengan tanpa menghilangkan konsep pakem wayang itu sendiri.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :
Saliem Sabendino : 0857 4066 6680
Email: panggung.teaterkudus@gmail.com