Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Wayang Orang Bharata Mempersembahkan "Arjuna Murca"

Wayang Orang Bharata Mempersembahkan "Arjuna Murca"

Tanggal : 20 Desember 2019

Lokasi : Gedung Kesenian Jakarta

Dalam rangka memperingati hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, Wayang Orang Bharata mempersembahkan gelar "Wayang Kakung" dengan lakon "Arjuna Murca". Yang istimewa dari pergelaran ini adalah seluruh pemainnya adalah pria. Seperti apa penampilan mereka ?

Mari Saksikan bersama Pergelaran Wayang Kakung Wayang Orang Bharata "Arjuna Murca" pada Jumat, 20 Desember 2019 di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

Berkisah tentang ketika Srikandi ditinggal pergi oleh Arjuna. Srikandi bertekad untuk menemukan Arjuna dengan cara yang unik, ia pura-pura menjadi orang yang tidak waras, Ia menghadap beberapa rintangan seperti banyaknya raja-raja yang melamar dirinya karena diisyukan Srikandi telah diceraikan oleh Arjuna. Bahkan Pendeta Drona dari Astina juga menginginkan untuk menyuntingnya. Sebenarnya Arjuna dan Pandawa meninggalkan Amarta bukan tanpa alasan. Arjuna tengah menyamar di tapal batas Astina untuk memata-matai kekuatan Kurawa menjelang perang Bharatayuda.

Kelucuan, kekonyolan dan juga celetukan-celetukan yang segar akan menjadi bumbu-bumbu di sepanjang pertunjukan. Walau cerita ini dikemas dalam nuansa komedi, namun pesan moral dan kritik sosial yang disampaikan dalam canda akan mempunyai bobot tersendiri.

Pergelaran Wayang Kakung ini dimainkan oleh para seniman wayang orang bharata  serta penampilan khusus : Ari Tulang dan Ivan Gunawan.

Tentang WO Bharata

Sebagai punggawa seni panggung tradisional di DKI Jakarta, Wayang Orang (WO) Bharata telah dengan gigih mempertahankan dan mengembangkan pertunjukan wayang orang sejak didirikan pada 5 Juli 1972.

Perjuangan para seniman yang terdiri atas penari, pengrawit, pesinden dll ini bukan tanpa onak duri. Namun di sisi lain, tekad dan kesungguhan para awak WO Bharata dalam melestarikan kesenian warisan para pendahulunya ini pun telah mendapatkan berbagai bentuk penghargaan dan pengakuan, terbukti dari seringnya kelompok ini mengharumkan nama Ibu Pertiwi di pentas manca negara sebagai duta budaya bangsa. WO Bharata semakin bahwa pelestarian wayang orang ini akan tetap terjaga dan  juga selalu berusaha mengembangkan kesenian adiluhung ini dengan memadukan bentuk-bentuk kesenian modern tanpa menghilangkan akar budaya yang ada.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi panitia :
M. Yunus  +62 856  121 1842 dan Endang - +62 858 1450 4644