Wayang Orang LPP RRI Surakarta Mempersembahkan "Wasi Jaladara"

Wayang Orang LPP RRI Surakarta Mempersembahkan "Wasi Jaladara"

Tanggal : 27 Agustus 2016

Lokasi : Pelataran Terminal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah

Wayang Orang LPP RRI Surakarta yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan program Njajah Desa Milang Kori, sebuah pergelaran Wayang Orang dengan lakon : “Wasi Jaladara” pada tanggal 27 Agustus 2016 di Pelataran Terminal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sinopsis :
 
Keinginan untuk mendapatkan cinta dengan paksa akan membuahkan bencana. Sebaliknya, dengan berlandaskan niat tulus dan suci, seseorang akan mendapatkan cintanya tanpa diduga-duga. Adalah Sang Kartapiyoga seorang pangeran dari Tirtakadhasar, demi mendapatkan cinta dia rela berbuat cela dengan menculik gadis pujaannya Dewi Erawati.

Namun semesta tak berpihak pada perbuatan nista. Alam mengirimkan utusan pertolongan untuk Sang Dewi. Wasi Jaladara, sang pertapa muda Juru penolong yang kelak menjadi pendamping hidup Sang Dewi Erawati. Sementara Kartapiyoga , sang Duratmaka mendapatkan hukumannya.

Sekilas mengenai “Njajah Desa Milang Kori”

Njajah Desa Milang Kori (NDMK) dalam bahasa gaul disebut “road show” atau pentas keliling. Dalam istilah bahasa Jawa yang kurang lebih artinya : menjelajah Desa – membilang / menghitung Kori (pintu). Secara luas memiliki makna menjelajah dari tempat satu ke tempat yang lain. Dengan demikian tekanana makna istilah NDMK bukan hanya kata ‘desa’ tetapi juga dimanapan tempat, termasuk kota.

Pentas NDMK ini adalah bagian dari upaya nyata mendekatkan wayang pada publik; publik di sini memiliki makna masyarakat yang lebih luas, meliputi kewilayahan, usia, tingkat pendidikan, kemampuan ekonomi, profesi, status sosial dan sebagainya. Jadi diharapkan semua merasa memiliki dan mencintai wayang.

Njajah Desa Milang Kori pun merupakan bentuk perluasan kreasi seniman dan sekaligus untuk menggenapi kerinduan masyarakat penikmat wayang akan pergelaran Wayang Orang yang sesungguhnya.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini :

Gatot Triyanto : 088 128 58277

Ita Wijayanti : 0822 252 12426