Wayang Orang Seribu Bintang Tahun 2011

Wayang Orang Seribu Bintang Tahun 2011

Tanggal : 23 September 2011 s/d
30 November -0001

Lokasi : Surakarta

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Surakarta bersama Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan Wayang Orang Seribu Bintang (WOSBi) di Auditorium RRI Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 23 - 25 September 2011. Perhelatan istimewa ini diselenggarakan sehubungan dengan peringatan Hari Lahir RRI Surakarta ke 66 dengan mengundang beberapa komunitas Wayang Orang.

Komunitas yang hadir diantaranya Sekar Budaya Nusantara, Wayang Orang Bharata, Swargaloka, Ngesti Pandawa, Sriwedari, ISI Surakarta, Wayang Orang Surabaya dan Yogya, serta Wayang Bocah sebagai generasi penerus kesenian tradisional Wayang Orang dari Sanggar Metta Budaya, Sanggar Giri Budaya, Sanggar Sarotama dan Sanggar Sarwi Budaya.

"Kami mendukung kegiatan ini agar melalui WOSBi, masyarakat kembali mengenali, mencintai kebudayaan negeri sendiri yang memiliki keindahan, keunikan yang luar biasa dan membanggakan" ujar Renitasari, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Menyambung pernyataan Renitasari, Ali Marsudi selaku ketua penyelenggara WOSBi berujar "kegiatan yang memiliki misi melakukan pembentukan karakter bangsa ini ingin mendorong kembali bangkitnya kehidupan Wayang Orang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pelaku seni". Selain pertunjukkan WOSBi juga diadakan Sarasehan sehari bertema: Kebangkitan Seni Tradisi Wayang Orang di Masa Kini dan pameran foto, Wayang Orang "The Un-told Story".