Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
BELANTARA oleh Kelompok Belantara Jakarta

BELANTARA oleh Kelompok Belantara Jakarta

Pentas BELANTARA adalah suatu kolaborasi-eksperimentasi antar muatan berkesenian dalam Kelompok Belantara Jakarta. Narasi yang diangkat adalah tentang habitat urban dalam hubungannya dengan manusia sebagai warga urban—yang kesehariannya diisi dengan upaya untuk bertahan hidup. Dalam pentas, waktu dalam sehari dibagi menjadi 3 babak—yaitu Membuka Hari, Menjalani Hari, dan Menutup Hari.

Kelompok Belantara Jakarta adalah komunitas lintas disiplin seni bermuatan tari, musik, dan visual. Konteks seni tradisi menjadi sebuah acuan, dan posisi antar muatan dalam Belantara adalah sejajar dan saling memperkuat (komunal). Dalam berkarya, Belantara menggunakan pendekatan back to basic—dengan pengertian bahwa tari berbasiskan gerak, musik berbasiskan bunyi dan termasuk suara, dan visual berbasiskan aspek bentuk (garis, bentuk, warna, komposisi dalam bidang, termasuk diam &/ bergerak). Kata ‘Belantara’ dalam nama komunitas mengacu pada konteks modern, dalam hal ini Jakarta sebagai ruang urban yang ditinggali dan hidupi. Beragam kemungkinan antar kedua konteks, yaitu tradisi dan modern, menjadi sumber inspirasi Belantara dalam berkarya.

BELANTARA oleh Kelompok Belantara Jakarta dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 24 November 2019 pukul 15.00 WIB.