Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Chanda oleh Teater Kuncup Mekar

Chanda oleh Teater Kuncup Mekar

CHANDA adalah kisah yang mengangkat tentang kegelisahan anak-anak era sekarang. Cuek, anti sosial dan mudah marah menjadi bahan yang menarik dalam pertunjukan CHANDA. Melalui pengamatan dan melihat fenomena sekitar perkembangan teknologi berperan kuat di dalam dinamika masalah anak-anak sekarang.

Karena teknologi semua jadi mudah hingga untuk bermain saja bisa dengan duduk di dalam kamar menggunakan gadget. Dengan begitu orang tua tak perlu khawatir anaknya akan keluar rumah. Orang tua akan menjadi lebih enak untuk bekerja mencari uang dan mengumpulkan materi. Anak akan keasikan dengan gadgetnya dan jarang berkomunikasi dengan orang tuanya begitupun sebaliknya. Teknologi yang bertujuan  mendekatkan yang jauh akhirnya menjauhkan yang dekat. 

CHANDA ingin menumbuhkan kembali spirit RECONNECT RELATIONSHIP atau menghubungkan kembali hubungan salah satunya melalui tatap muka dan saling berbicara, dengan harapan proses komunikasi tatap muka yang sudah di ajarkan dari kebiasaan di rumah dan di ajarkan sejak dini dari orang tua terhadap anak dapat menjadi bekal untuk anak bersosialisasi dan menjadikannya pribadi yang baik terhadap masyarakat dan lingkungannya. 

Anak akan dapat mudah menyesuaikan dan membedakan walaupun arus perkembangan Zaman semakin maju. Maka anak akan menjadi generasi bangsa yang kokoh yang mau menjaga kelestarian dan tidak malu dengan identitas bangsanya. Anak akan kembali ke rumahnya walaupun sejauh mana dia melangkah dan di belahan dunia mana dia berada, karena dia sadar betul rasa yang begitu membekas oleh cinta kedua orang tua, dan orang tua akan merasa senang serta bahagia ketika melihat anaknya tahu arah jalan pulang.

Teater Kuncup Mekar berdiri pada 15 Januari 1991, tepatnya di Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Teater Kuncup Mekar banyak melakukan aktifitas pentas di kecamatan, mengadakan kemah bakti teater, dan latihan rutin, workshop, pentas keliling kota serta membangun jaringan kerja seni dengan berbagai komunitas seni lain di Kudus maupun di luar kota. Teater Kuncup Mekar menjadi wadah bagi generasi muda berbakat, kreatif, dediaktif dan inovatif yang ingin mengembangkan potensi dan melakukan kegiatan-kegiatan kreatif.

Chanda oleh Teater Kuncup Mekar merupakan bagian dari Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia dan dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 24 Maret 2019 pukul 15:00 WIB.