Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Hajat Dalam Selimut oleh Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

Hajat Dalam Selimut oleh Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

Hajat Dalam Selimut menantang seniman untuk membicarakan tentang ruang publik sebagai ruang bersama. Ruang publik juga memiliki kelonggaran aturan yang dapat dimanfaatkan tiap individu untuk kepentingannya sendiri.

Hal inilah yang terkadang menimbulkan berbagai permasalahan dalam masyarakat. Proses negosiasi antar individu dan kelonggaran sistem yang ada menghasilkan toleransi, penyalahgunaan, dan perlawanan. Kontestasi ini biasanya melibatkan strata atau tingkatan sosial yang dimiliki tiap individu. Hajat Dalam Selimut diartikan sebagai upaya individu untuk mempublikan segala hal yang intim ataupun privat melalui sebuah pertunjukan yang mengeksplor bebunyian, baik dari tubuh, ataupun teks itu sendiri.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dibangun dan didirikan pada tahun 1978 oleh Bagong Kussudiardja di Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta. Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art-center. PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran. Program Seniman Pasca-terampil merupakan residensi seniman selama 9 bulan dari berbagai latar belakang disiplin seni, dengan fasilitas belajar dan praktik kerja kolaborasi seni untuk pengembangan kapasitas diri.

Hajat Dalam Selimut oleh Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 7 Desember 2019 pukul 15.00 WIB.