Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Hikayat Dayung dan Harumbai oleh FIS DUO

Hikayat Dayung dan Harumbai oleh FIS DUO

Fis duo menawarkan sebuah konsep musikalitas pop  yang bersentuhan dengan musik etnik asli Maluku. Konsep musik Fis Duo ialah menyajikan kapata (sastra lisan dan nyanyian dalam ritual) yang dikemas dalam musik aliran pop etnik yang bertemakan perjuangan, cinta dan rumah; serta bersentuhan dengan instrumen Tifa, Tahuri, Rain Stick, Lap Steel Guitar, Guitar, Violin, Bass, Vocal. 

Pada pertunjukan kali ini, Fis Duo juga akan berkolaborasi bersama penyair yang sama-sama dari Maluku. Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes; mereka akan mengusung karya sastra yang bertemakan Maluku. 

Fis duo adalah sebuah group band yang terbentuk pada tanggal 2 Desember 2014. Didirikan atas nama kecintaan kami pada Maluku dan mempertahankan keaslian Musik lokal Maluku, serta merekam jejak kami sebagai anak Maluku yang menetap di Yogyakarta dan berkarya dengan keyakinan kami, yaitu musik. Ferdy Karel Soukotta dan Chrisema RamayonaLatuheru adalah pencetus awal Fis duo. Kemudian Rico Matahelumual, Yehenka Latuheru, Zifyon Pattinama dan Glenn bersama menyepakati menjalani tujuan Fis duo
Masing-masing personil berasal dari Maluku, memiliki berbagai latar belakang yang berbeda namun memiliki VISI dan MISI yang sama dalam bermain musik. Mereka berkeinginan menjaga identitas sebagai Maluku dan memakai musik sebagai medianya. Maka terbentuklah Fis duo yang membawakan jenis musik bernuansa pop etnik.

Mereka berharap dengan membawakan jenis musik ini, dapat mengambil bagian di ruang-ruang ekspresi yang dapat menunjang perkembangan dan mempertahankan identitas Fis duo sebagai musisi dari Maluku untuk merawat nilai lokalitas kedaerahan melalui musik. Dalam perwujudannya, mereka lebih mengutamakan Live Performance dan Digital Publish.

Personil Fis duo sendiri terdiri dari beberapa mahasiswa Institutseni Indonesia di Yogyakarta yang mendalami jurusan Etnomusikologi, Pop Jazz dan Magister Pengkajian musik.

Hikayat Dayung dan Harumbai oleh Fis Duo dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 8 September 2019 pukul 15.00 WIB.