GIK App Galeri Indonesia Kaya Download
Jakarta Punya Lagu oleh Tukang Tabuh Feat. Teater Abnon

Jakarta Punya Lagu oleh Tukang Tabuh Feat. Teater Abnon

Tukang Tabuh dengan Teater Abnon hadir menyajikan lagu-lagu dari komposer asal Jakarta yang dikemas dengan aransemen musik khas Tukang Tabuh dan permainan perkusi dan tetabuhan dengan melodi indah yang menghibur penonton. 
 
TUKANG TABUH adalah sebuah kelompok musik yang didirikan oleh Imam Firmansyah, seorang komposer lulusan Prodi Etnomusikologi Institut Kesenian Jakarta dan Pasca Sarjana Institut Kesenian Jakarta yang menggeluti pengembangan musik tradisional Indonesia.
 
Isilah ‘TUKANG TABUH’ terdiri dari dua kata yaitu ‘tukang’ yang berarti orang yang berprofesi sebagai, dan ‘tabuh’ yang berarti memukul alat musik atau alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Kata ‘tabuh’ erat kaitannya dengan musik tradisional Indonesia yang sebagian besar dimainkan dengan cara dipukul. Akan tetapi tabuh juga berlaku untuk alat musik Indonesia lain yang bukan dimainkan dengan cara dipukul. Jadi istilah ‘tabuh’ sangat erat kaitannya dan sangat identik dengan musik tradisional Indonesia. Oleh karena itu  TUKANG TABUH dalam konsep pemikiran adalah orang-orang yang memiliki kecintaan terhadap pekerjaannya dalam mengembangkan musik tradisional Indonesia.

Musik yang dimainkan oleh TUKANG TABUH merupakan pengembangan dari musik tradisi yang dikemas dengan unsur-unsur kekinian akan tetapi tidak meninggalkan ciri khas dan kekuatan dari musik tradisi itu sendiri. Pengembangan tersebut berupa melakukan eksperimen terhadap gaya musik, instrumentasi, dan komposisi. Selain itu TUKANG TABUH juga memainkan memadukan unsur musik tradisi dengan unsur-unsur musik lain seperti musik pop, jazz, digital, dan juga musik-musik tradisional lainnya.

Jakarta Punya Lagu oleh Tukang Tabuh Feat. Teater Abnon dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 10 Juni 2017 pukul 15:00.