GIK App Galeri Indonesia Kaya Download
Jejak Suara Suvarnadvipa oleh Riau Rhythm Chambers Indonesia

Jejak Suara Suvarnadvipa oleh Riau Rhythm Chambers Indonesia

Riau Rhythm Chambers Indonesia telah melakukan perjalanan eksplorasi bunyi yang berangkat dari kearifan lokal budaya Melayu. Idiom-idiom musik tradisi berikut dengan cerita-cerita mengenai kejayaan masa lalu Sumatera Purba, dikemas secara inovatif menjadi 9 karya musik baru dalam Album SUVARNADVIPA. Rekam jejak perjalanan bunyi tersebut akan dihadirkan di Galeri Indonesia Kaya dengan tajuk "Jejak Suara Suvarnadvipa".

Riau Rhythm Chambers Indonesia (Riau Rhythm) adalah kelompok musik yang memiliki misi mengenalkan musik melayu dalam bentuk kontemporer. Rino Deza Paty, Hari Sandra, dan Alyusra adalah 3 musikus pendiri Riau Rhythm pada 17 Juni 2001, dengan menawarkan tema musik elektronik dan multimedia menjadi karya perdana mereka. Pada tahun yang sama kelompok ini mendapatkan posisi ketiga pada International Folklore Festival di Agrigento, Italia.

Dalam perjalanannya, Riau Rhythm turut bergabung bersama inisiator O.K Pulsiamitra dan (alm) Ben M Pasaribu, membentuk Malay Music Institute sebagai lembaga konservasi musik Melayu yang melahirkan even musik "Riau Hitam Putih International World Music Festival" sejak tahun 2002 hingga tahun 2008. Pada event tersebut Riau Rhythm yang menjadi tuan rumah mewakili Riau-Indonesia mendapat kesempatan untuk bertemu dan berkolaborasi dengan musikus dan komposer nasional, antara lain: (alm) Sapto Rahardjo dari Yogyakarta, komposer KUA-Etnika Djaduk Feriyanto dari Yogyakarta, pemain perkusi Ron Reeves dari Australia, komposer (alm) I Wayan Sadra dari Solo, penyanyi Opie Andaresta dari Jakarta, dan komposer elektro akustik Fahmi Alatas dari Jakarta.

Perjalanan musik Riau Rhythm yang sempat mengalami "pergantian pemain" berujung pada bergabungnya 8 orang musikus muda: Rino "Rino" Dezapaty (Composer/Art Director), Cendra "Cen" Putra Yanis (Cello), Aristofani "Itok" Fahmi (Flute), Fitrah "Giring" (Vocal, Celempong & Percussion), Viogy "Ogie" Rupiyanto (Violin & Vocal), Violano "Lano" Rupiyanto (Gambus & 14 Strings Guitar), Sukri "Abun" Cahyadi (Percussion), Ade "DaDe" Syahputra (Cello).

Jejak Suara Suvarnadvipa oleh Riau Rhythm Chambers Indonesia dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 3 Desember 2017 pukul 15:00 WIB.