Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Klawu oleh I-Pedalangan

Klawu oleh I-Pedalangan

Karya teater pakeliran yang berpijak pada nilai-nilai kesenian tradisi pewayangan Bali yang dikombinasikan dengan Boneka Gendong sebagai bingkai cerita.

KLAWU adalah abu-abu yang mempertanyakan kapan keabu-abuan itu akan berubah menjadi putih yang terang atau hitam yang pekat. Karena warna putih dan hitam mulai pudar, semakin hari semakin tidak jelas dan menjadi Klawu. Orang-orang mulai mempertanyakan kepastian langkah pemimpinnya. Klawu semakin jelas tampak menyamarkan suatu kepastian.

“KLAWU” berawal dari kisah hidup salah satu tim Komunitas I_Pedalangan sebut saja Sembroli (nama panggung) ketika ia lahir di keluarga petani.  Kehidupannya selalu dalam ruang pengekangan orang tua (ayah dan ibu) yang selalu berbeda pendapat. Kehidupannya di rumah jauh dari kata nyaman, sehingga ia mencari kenyamanan di luar. 

Prinsip  hidup orang tua itu, tidak membangun kepastian apa-apa, kehidupan itu menamkan ketidakjelasan prinsip hidup si anak (sembroli)
I-Pedalangan didirikan pada Bulan Januari 2016 di Denpasar, Bali yang di gagas oleh I Putu Gede Indra Parusha, dengan CO Produksi I Putu Ardiyasa (ardi). Sejak itu mereka menggali, memelihara dan mengembangkan seni pertunjukan wayang bersama seorang seniman dalang Boneka Gendong I Gusti Made Aryana (sembroli), yang focus menggeluti dunia seni pewayangan Bali Utara. Di antara dalang yang ikut menyelenggarakan Komunitas ini, Kami juga bekerja dengan sekelompok dalang, meliputi I Kadek Bhaswara Dwitya, I Made Georgiana Triwinadi, I Putu Agus Widya Purnamia. Dan di temani oleh dua orang perancang boneka dan wayang  yaitu I Kadek Jefri Wibowo dan I Putu Rekayasa. 

Hingga saat ini, I-Pedalangan sudah memproduksi 2 karya tunggal dan 1 karya kolaborasi seni pewayangan yang telah kami tampilkan pada Ubud Writters Festival 2017 (Kolaborasi dengan Papermoon Puppet Theatre), Pesta Boneka 2018 dan Bali shadow Festival Pamungkah 2019. Boneka Gendung yang diproduksi pertamakali sudah pentas keliling Bali sepanjang tahun 2016 dengan format (bondres) bersama pemerintah Provinsi Bali. 

I-Pedalangan percaya bahwa seken (bersungguh-sungguh), tulus (tulus), dadi (tercapai) akan menuntun kami pada setiap panggung hidup seni, mendekatkan kami dengan ruang-ruang masyarakat yang menghidupi seni. Melalui tiga hal tersebut kami berbagi cerita dengan media seni teater pakeliran (wayang) yang mengundang takjub, gelak tawa serta dapat memelihara keberlangsungan hubungan yang baik dengan alam sekitar, dan di dalam diri sendiri.
 
Klawu oleh I-Pedalangan merupakan bagian dari Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia dan dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya tanggal 7 April 2019 pukul 15:00 WIB.