GIK App Galeri Indonesia Kaya Download
Laen Dulu Sekarang Beda oleh Seni Budaya Khatulistiwa

Laen Dulu Sekarang Beda oleh Seni Budaya Khatulistiwa

SENI PERTUNJUKAN yang mengangkat sejarah tradisional Musik Betawi yaitu Musik Topeng yang kemudian terpengaruh dengan budaya asing seperti Tiongkok dan Arab.Hal ini juga berpengaruh pada alat musik, tari, dan warna Betawi. Seiring perkembangannya, musik Betawi juga beradaptasi dengan alat musik modern walaupun tetap tidak meninggalkan sisi tradisionalnya. 

Pertunjukan ini juga akan menapilkan seni musik, seni teater, seni sastra dan seni tari Betawi dengan sesi interaktif antara seniman dan penonton. Seni pertunjukan ini diharapkan dapat memberikan sisi edukasi tentang sejarah Betawi dengan sisi entertain yang bernuansa jenaka. Dengan adanya pertunjukan ini, masyarakat baik lokal maupun manca negara dapat lebih mengerti dan tahu akan sejarah musik Betawi yang merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

Seni Budaya Khatulistiwa – SBK adalah sebuah lembaga yang berdiri sejak tahun 2008, dan berlokasi di Jakarta. Kami bergerak dan aktif dalam pelestarian, pengenalan dan pelestarian seni budaya Indonesia khususnya seni tari dan musik tradisional. Sampai saat ini anggota kami berjumlah 62 orang yang merupakan seniman dan seniwati muda serta anak didik DIKLAT SBK (SBKkids). Beberapa pergelaran yang telah kami buat diantaranya “Sendra Tari Laksamana Keumalahayati (Malam puncak HUT TMII 2016)”, “Pangeran Jayakarta (Festival Seni Teater Tradisi di TMII)”, “Karnaval Keprajuritan”, “Peringatan Sumpah Pemuda 2016 di Istana Negara”, The 6th TAFISA World Sport For All Games 2016”, “Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia XVII”, “Peluncuran Logo Asian Games di Istora Senayan”, dan banyak lagi.

Laen Dulu Sekarang Beda oleh Seni Budaya Khatulistiwa dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 18 Juni 2017 pukul 15:00.