Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Laksamana Malahayati oleh Ruth Marini dan Maryam Supraba

Laksamana Malahayati oleh Ruth Marini dan Maryam Supraba

Perwira kerajaan Aceh Darrusalam, Laksamana Malahayati, memimpin para janda yang telah ditinggal mati oleh suaminya karena keganasan medan perang. Pasukan yang terdiri dari para janda ini menamakan dirinya Inong Balee. Merekalah yang kemudian melawan habis para pengkhianat kerajaan Donya Darussalam dan menjaga Selat Malaka dari serangan. Laksmana malahayati dan pasukan Inong Balee setia pada raja dan berjuang dengan penuh keberanian, namun mereka tidak meningalkan naluri mereka sebagai seorang perempuan sejati yang penuh kelembutan hati. Malahayati menghadapi segala bentuk teror yang menyerang dirinya secara fisik dan psikis dalam pergulatan perjuangannya, namun semangat mempertahankan dan membela negaranya jauh lebih kuat melampaui apapun halangan.

Ruth Marini mulai berkesenian sejak 17 tahun lalu, saat masih duduk di bangku SMA. Ruth banyak bermain di berbagai pertunjukan teater, bahkan mendapatkan penghargaan seperti aktris monolog terbaik pada tahun 2007. Pada tahun 2017 ia memulai debutnya dalam dunia perfilman sebagai Sinto Gendeng dalam Film Wiro sableng 212, lalu meraih nominasi pemeran pendukung terbaik dalam Festival Film Indonesia ( FFI 2018 ), nominasi Pemeran Pendukung terbaik Festival Film Tempo ( FFT 2018 ), Nominasi Pendatang baru terbaik Piala Maya 2019, Nominasi Pendatang baru terbaik Indonesia Movie Actors Award ( IMAA 2019 ), nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Indonesia Box Office Movie award ( IBOMA 2019 ). Saat ini Ruth lebih banyak aktif dalam dunia perfilman sebagai aktor dan acting coach.

Maryam Supraba memulai debut aktingnya dalam pertunjukan Sobrat yang diproduksi oleh Bengkel Teater Rendra pada tahun 2005. Telah banyak pertunjukan teater, drama musikal, drama tari yang ia pentaskan. Maryam kariernya sebagai aktor film pada tahun 2010 dengan debutnya di fil pendek Cendol  yang disutradari oleh Leony Vh, dan kemudian terus membintangi banyak film layar lebar sebagai aktor.

Laksamana Malahayati oleh Ruth Marini dan Maryam Supraba dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 28 April 2019 pukul 15:00 WIB.