Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Mama di Tanah Sumba oleh Teater Pintu

Mama di Tanah Sumba oleh Teater Pintu

Omi, perempuan Sumba yang memiliki status hamba. Ia memiliki anak perempuan bernama Eti. Omi menerima betul status dirinya sebagai hamba, hanya ada banyak hal dimana Omi merasa hak hidup atas dirinya bahkan anaknya seperti diabaikan karena segala keputusan tentang hidup mereka bergantung pada tuannya. Salah satu yang kemudian menjadi perjuangan Omi, ia berjuang menyekolahkan Eti walau resiko besar menghadapinya, karena ia tahu bahwa seorang hamba tidak boleh bersekolah.
 
Perjuangan Omi menyekolahkan Eti dilakukan tanpa sepengetahuan Mesakh, suaminya dan Tamu Umbu Jaka, tuannya. Awalnya, semua hal yang dilakukan oleh Omi dan Eti berjalan baik tanpa kendala apapun. Hingga suatu hari, Mesakh seorang hamba yang sangat taat terhadap adat, meminta uang kepada Omi untuk membeli hewan yang akan dipotong dalam upacara kematian keluarganya. Terjadi pertengkaran antara Omi dan Mesakh karena hal tersebut. Dalam pertengkaran itu akhirnya diketahuilah oleh Mesakh, bahwa Omi telah diam-diam menyekolahkan Eti. Mesakh marah besar, karena baginya itu sudah melanggar adat. Di tengah kemarahan Mesakh, ia pun mengalami ketakutan hebat yaitu bagaimana kalau sampai Tamu Umbu mengetahuinya, karena akan ada hukuman besar menanti dirinya.

Konsep pertunjukan Mama di Tanah Sumba, pertunjukan teater realis yang berkolaborasi dengan seni musik dan seni tari tradisional Sumba.

Mama di Tanah Sumba oleh Teater Pintu merupakan bagian dari Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia dan dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 15:00 WIB.