Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Merdeka, Hidup Baru (?) oleh Nisfulail

Merdeka, Hidup Baru (?) oleh Nisfulail

Merdeka memiliki makna bebas, berdiri sendiri, lepas dari tuntutan, tidak tergantung pada pihak tertentu. Merdeka barangkali menjadi sebuah kata yang besar terkait berdirinya bangsa ini selama berpuluh tahun. 

Namun, sudahkah kita merasakan kemerdekaan itu sendiri? 

Terlepas dari persoalan dalam dan luar negeri; sudahkah kita benar-benar merdeka secara individu?

Sudahkah kita mampu berdiri sendiri dengan segala tanggung jawab yang mengikuti? 

Sudahkah kita bebas dari tuntutan diri utk selalu sempurna? 

Sudahkah diri kita ini bebas dari segala bentuk ketergantungan?.

Merdeka, Hidup Baru(?) merupakan refleksi dalam memaknai kemerdekan di ruang yang lebih kecil, ruang personal. Kapan kita akan merdeka dan memperbarui hidup dari segala bentuk belenggu yang 'menjajah' kreativitas hingga jati diri. 

Dalam pertunjukan musik kali ini, Nisfulail akan membawakan repertoar karya sendiri dan beberapa karya dari Guruh Soekarno Putra. Menggabungkan elemen musik modern dan sentuhan tradisional yang dikemas secara minimalis dengan Piano-Synthesizer oleh Rizqi Khaitsul, Gitar Akustik oleh Ragipta Utama, Cello oleh Indra Waskito dan Soprano Saxophone oleh Noerman Rizky.

Nisfulail Dwi Puspita; akrab dipanggil Ninis. Lahir di Malang, 9 Februari 1992 ,dan kini menetap di Yogyakarta meneruskan profesinya sebagai Penyanyi, Penulis Lagu juga Pelatih Vokal. Memulai debut bernyanyi sejak usia 10 Tahun melalui kompetisi bernyanyi di Malang, mulai tingkat Kota sampai tingkat Asia. Berlatih vokal di bawah bimbingan Eduardus Suseno Harjito selama 7 tahun. Melanjutkan pendidikan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan mengambil jurusan Musik pada tahun 2011-2018. Kemudian Nisfulail dibimbing oleh bapak Siswanto selaku dosen mayor vokal Pop-Jazz.

Dalam pengalamannya bernyanyi, antara lain ia pernah mengikuti vocal masterclass oleh Indra Aziz, dan berkolaborasi dengan musisi Jazz Brazil, Lica Cecato. Turut serta dalam workshop jazz di Lassale College of Art Singapore. Nisfulail pernah menjadi Finalis 20 Besar Indonesian Idol 2012; ia juga memenangkan Juara 1 Bintang Radio Indonesia 2012;  Juara 1 Bintang Radio ASEAN 2013. Juara 1 I-Sing Yogyakarta dan Juara 2 I-Sing Nasional 2018.

Nisfulail juga aktif bergabung di Forum Musik Tembi sejak tahun 2012 dan berhasil menggelar resital vokal tunggal bertajuk "SMARADHANA" Tribute To Guruh Soekarno Putra pada tahun 2015 di Tembi Rumah Budaya. Selain terus menabung karya Nisfulail juga sedang giat membangun sekolah vokal di Yogyakarta "Pitch Vocalwork" sejak 2018. Saat ini ia juga aktif menjadi vocal director beberapa penyanyi di Yogyakarta.

Merdeka, Hidup Baru (?) oleh Nisfulail dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 31 Agustus 2019 pukul 15:00 WIB.